-->

Arti 'Semongko' dalam Bahasa Gaul di Media Sosial

Apa arti 'semongko' dalam bahasa gaul di media sosial dan diucapkan saat konser dangdut 'taris sis, semongko'? Ini dia jawabannya!
Tarik sis, semongko! Kini tinggal aku sendiri hanya berteman dengan sepi...

Begitulah kira-kira bunyi suara yang dilontarkan oleh seseorang mas-mas dalam sebuah orkes dangdut. Kemudian dilanjutkan oleh suara nyanyian dari sang penyanyi. Mungkin di antara kamu juga sudah mendengarkannya di YouTube, WhatsApp, Twitter, TikTok, Instagram, dan media sosial lainnya.

Dari kalimat yang diucapkan di atas, "semongko" adalah kata yang menarik perhatian saya. Hmm, kemarin odading, sekarang semongko. Apa sih arti semongko yang dimaksud di sini? Jelas, bukan hanya sebuah buah lezat dan manis yang bisa dimakan manusia ya.

Baiklah, tidak perlu berlama-lama. Simak penjelasan berikut ini...
Arti Semongko dalam Bahasa Gaul

Arti dan Asal 'Semongko' dalam Bahasa Gaul di Media Sosial

Semongko memang sebenarnya adalah penyebutan bahasa Jawa dari semangka. Semangka adalah buah biasanya berbentuk bulat, yang dagingnya berwarna merah, ada yang kuning, dan kaya akan air. Namun, bukan semangka itu yang disebut di sini.

Jika dilihat dari konteks videonya, tarik sis semongko dalam bahasa gaul adalah kata yang digunakan sebagai penyemangat kepada seorang penyanyi sebelum memulai penampilannya sambil joget dan di kesempatan yang lain juga penontonnya.

Semangka dalam bahasa gaul artinya bisa merujuk pada singkatan "semangat kak" atau "semangat kakak". Bisa juga, semongko adalah singkatan dari "semangat sampai bongko" atau "semangat sampai mati". Maksudnya di sini semangat sampai acara manggungnya selesai dan penonton terhibur. Atau "semangat meski mong dianggep konco" atau "semangat meski cuma dianggap teman".

Jika kita melihat perspektif mas MC yang mengucapkannya, mungkin saja artinya akan berbeda dari penjelasan di atas. Saya malah cukup terkejut ketika ada yang memberitahu saya bahwa kata "semongko" mengindikasikan bagian tubuh tertentu yang "ukurannya mohon maaf besar". Kata yang populer dikalangan koploers di Jawa Timur.

Kata ini asalnya memang dari sebuah video acara orkes dangdut koplo yang dibawakan oleh sebuah grup musik AA Jaya. Lagunya yang berjudul Bunga (Tarik Sis), diciptakan oleh Thomas Arya, dalam konser itu dinyanyikan oleh Anggun Pramudita dan diiringi oleh band pengiringnya.

Mas MC acara bernama Ridho pun tak luput ikut memeriahkan dan memberi semangat dengan jargon ikonik "tarik sis, semongko" ini ketika menyuruh Anggun Pramudita mulai bernyanyi sambil joget.

Jadi, kata ini mulanya menjadi populer setelah beredarnya video konser koplo tersebut di YouTube, WhatsApp, TikTok, dan media sosial lainnya.

Di WhatsApp, ada yang membuat kreasi senam olahraga pakai penggalan suaranya dan dimeriahkan oleh stiker bergerak . Di TikTok, cukup banyak pengguna yang menggunakannya sebagai 'sound' dalam video mereka.

Ada juga yang membuat video meme game Among Us dengan suara dari lagu berbeda-beda, tapi ditengah liriknya suaranya diganti menjadi "tarik sis semongko". Intinya, para pemain Among Us menggunakan nickname yang disusun menjadi lirik yang sama dengan lagunya, ketika lirik berganti, mereka berlarian berputar-putar (joget). Ada-ada saja kreativitas mereka ini.

Di media sosial lain seperti Twitter, juga mulai banyak pengguna yang menggunakan kata "tarik sis, semongko" ini dalam cuitan, postingan, atau membuat pantun versi mereka. Menjadi makin populer lah kata itu akhir-akhir ini.

Hingga kini pun tarik sis, semonggo menjadi bahasa gaul yang marak digunakan oleh anak zaman sekarang. Namun, saya tidak yakin apakah kebanyakan mereka yang pakai sudah tahu arti sebenarnya dari kata itu. 

Yah, apapun tren anehnya, buat otak-otak bisnis dan opertunis bisa jadi keuntungan. Bagi yang punya usaha jualan buah mungkin juga bisa memanfaatkan momen ini untuk mempromosikan bisnisnya.

Itulah arti dan asal kata "semongko" dalam bahasa gaul di media sosial. Kalau penjelasannya kurang lengkap, harap maklum, ya. Semoga penjelasan ini bisa sedikit mencerahkan bagi kamu yang penasaran. Terima kasih sudah membaca.

Baca juga: Arti 'Bengek' dalam Bahasa Gaul di Media Sosial

Anda mungkin menyukai postingan ini

Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.