-->

Arti dan Asal Kata 'Bund' dalam Bahasa Gaul di Media Sosial

Apa arti "Bund" dalam bahasa gaul di media sosial seperti Twitter dan TikTok? Ini dia jawaban selengkapnya!

Bagi kamu yang baru mengetahui, pasti bingung kenapa banyak sekali warganet yang menggunakan kata "bund" di media sosial. Sebaliknya, bagi yang sudah sering melihatnya pasti bosan dan sebal dengan maraknya penggunaan kata tersebut.

Ya, kata itu memang lagi tren saja sih akhir-akhir ini. Bagaimana pun yang namanya lagi musim mereka tidak akan berhenti sampai mereka sendiri bosan menggunakannya. 

Jadi, alangkah lebih baiknya mari pahami saja pemicu dan kenapa kata "bund" ini bisa menjadi populer sehingga kamu bisa belajar sesuatu seperti pemasaran di era modern dari fenomena ini. 

Arti bund dalam bahasa gaul

Arti Kata Bund dalam Bahasa Gaul

Kata "bund" dalam bahasa gaul artinya adalah panggilan untuk bunda, ibu atau mom. Bund adalah istilah singkatan yang sebenarnya digunakan untuk memanggil wanita yang sudah mempunyai buah hati atau anak. 

Kamu akan menemuinya bersama dengan kalimat "Si kecil aktif ya bund" yang merupakan respon yang biasanya dilontarkan oleh tetangga saat melihat perilaku anak yang sudah mulai aktif bergerak, berbicara, dan beraktifitas.

Sama halnya di dunia nyata, kata-kata itu mulanya digunakan oleh warganet untuk mengomentari video terkait anak di media sosial. Sebelum kata "bund" menjadi panggilan universal, tidak hanya ditujukan ke ibu-ibu, melainkan ke siapa saja, dan tidak lagi memperdulikan konteks penggunaannya.

Mengapa Kata Bund Populer saat ini?

Asal mula populernya saat ini, dikarenakan ada orangtua yang membuat video bersama anaknya di TikTok. Lalu, ada salah satu warganet yang memberikan komentar "Si kecil mulai aktif ya bund" itu. Dan menjadi top komen karena disukai dan dikomen balik oleh lebih banyak orang.

Warganet lain pun mulai menggunakan kata-kata itu untuk mengomentari video lain. Biasanya mereka melakukan variasi komen menjadi "Si Kecil mulai aktif ya bund", "Si Kecil sudah mulai aktif ya bund", "Si Kecil makin aktif ya bund". Dilanjutkan dengan pertanyaan, dikasih asupan apa sih, bund?

Fenomenan Ini mirip kayak pas "Keju mozarella khas Malangnya kak" dulu. Di mana ada juga pengguna centang biru yang meramaikan penggunaannya sekaligus untuk mendapatkan eksposur dari kepopulerannya. 

Kata-katanya juga dipakai sebagai caption dan komen becandaan terhadap video anak yang saking aktifnya (pecicilan) membuat banyak orang sampai geleng-geleng kepala. 

Salah satunya yang trending sampai masuk akun berita adalah dua orang bocah boncengan naik motor yang kecebur empang karena kebanyakan tingkah.

Makin lama semakin bergeser untuk mengomentari video joget lain dari pengguna yang dianggap aktif bergerak. Tidak jarang juga pemakaian kata-katanya diplesetkan terlalu jauh menjadi ambigu, bikin otak traveling, dan menjurus ke hal berbau "body shaming".

Contoh kalian lagi olahraga:

Neti: "Si Kecil aktif ya bund?"

Ucil: "Loh emang ada anak kecil di sini, mbak?"

Neti: "Ya enggak sih mas, cuman ada yang kelihatan kecil aja gitu."

Ucil: "Apanya yang kecil, mbak?"

Neti: "Astagfirullohaladzim, kamu ini berdosa banget."

Ucil: "Heh, kamu jangan solimi!"

Padahal, aktif bergerak bukan berarti "si Kecil" nakal kali, bund. Akhirnya menjadi semakin populer lah kata-kata itu ke media sosial lain seperti Twitter, Instagram, WA, dan lain-lain.

Asal Usul Kata-kata Si Kecil Aktif Ya Bund

"Si Kecil aktif ya bund" ini sebenarnya adalah kata-kata yang asal-usulnya terinspirasi dari copywriting iklan susu anak dan topik cara mengasuh-mendidik anak. Kata kunci "si kecil", "aktif", "bun" sejenis ini cukup marak ditemukan khususnya dalam iklan Dancow, SGM, dan postingan terkait parenting.

Ya cuma bedanya, tidak disebutkan secara eksplisit sama persis seperti kalimat itu dalam sebuah video. Saya sudah cari betul-betul informasinya beberapa hari ini.

Sampai segitu kurang kerjaannya menonton semua video kompilasi iklan susu berbagai merek di YouTube, tapi belum menemukan iklan mana yang benar-benar cocok.

Sumber yang cukup kredibel saya dapat dari postingan di Facebook dan Twitter resmi mereka. Dua merek susu di atas saya jadikan kandidat utama karena postingan-postingan seperti di bawah ini.

Pertama, ini sebenarnya adalah teknik copywriting yang khas dari postingan Dancow yang diunggah dari sejak tahun 2012.

Arti dan asal kata bund dalam bahasa gaul

Kedua, selain karena karena iklan SGM aktif - Playound yang agak mendekati, ada juga saya temui dalam postingan SGM seperti ini.

Kata bund dalam bahasa gaul


Ini adalah contoh lain dalam postingan terkait parenting dari TheAsiaparent Indonesia.

Arti kata bund dalam bahasa gaul

Begitulah penjelasannya selengkapnya mengenai arti dan asal kata "bund dalam bahasa gaul di media sosial.

Kalau ada yang kurang atau salah-salah kata mohon untuk dimaklumi, ya. Sebab, pembahasan kali ini cukup sulit untuk dicari sumber-sumbernya ketimbang yang saya bikin biasanya.

Terima kasih sudah membaca.

Baca juga: Arti 'IBF' dalam Bahasa Gaul di Media Sosial

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>
Berkomentarlah sesuai pembahasan artikel, jika ada waktu luang, kami akan menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Alasan kenapa pertanyaan kamu tidak tampil dan tidak terjawab:

1. Komentar di blog ini dimoderasi, jadi butuh persetujuan admin terlebih dahulu untuk diterbitkan.

2. Admin lagi sibuk dan tidak sempat untuk cek komentar.

3. Pertanyaan kamu tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel, jadi sekali lagi tanyalah sesuai tempatnya.

4. Pertanyaan yang diajukan sudah dibahas dan ditanyakan berulang-ulang di blog ini.

5. Admin tidak tau jawaban atau solusi dari pertanyaan kamu.

6. Kamu tidak menampilkan nama asli kamu (Unknown).

Tidak semua pertanyaan kami jawab. Jadi harap dimaklumi ya. Terima kasih.