-->

Arti 'Shadow Banned' di TikTok, Penyebab, & Cara Mengatasinya

Shadowbanned TikTok: Apa artinya, bagaimana mengetahui apakah kamu terkena shadowbanned, berapa lama itu berlangsung, & cara menghindarinya

Di media sosial seperti TikTok, jumlah tayangan, suka, trafik, dan keterlibatan bisa menjadi hal yang sangat berharga. Pasalnya, dalam media sosial marketing, kreator kontennya bisa memanfaatkannya menjadi keuntungan.

Tetapi bayangkan jika kamu sukses di platform sosial ini, kamu memiliki banyak pengikut dan penonton; kamu seperti terbang di atas awan, tapi suatu hari, kamu jatuh ke bumi, tiba-tiba penayangan video kamu menurun tajam, terus-menerus.

Bagaimana perasaan kamu tentang hal itu? Menyebalkan, kan? Terutama jika kamu tidak tahu apa yang terjadi dengan akunmu. Artikel ini akan menjelaskan apa artinya "shadow banned" di TikTok, cara menghindarinya, dan banyak lagi. Mari kita mulai!

Arti ShadowBanned TikTok, Penyebab, & Cara Mengatasinya

Apa itu arti 'shadow banned' di TikTok?

"Shadow banning" sendiri merupakan tindakan memblokir pengguna atau beberapa konten dari komunitas online dengan cara membuat mereka tidak menyadari meskipun sedang diblokir. "Shadowbanned" adalah tindakan hukuman yang harus dihindari oleh setiap pengguna media sosial. Sebab ini sangat merugikan pengguna karena dapat menurunkan jangkauan video atau postingan yang dibuat.

"Shadowbanned" di TikTok adalah saat akun dibatasi dari platform melalui pengurangan visibilitas tanpa pemberitahuan apapun. Akibatnya, video konten kamu akan berhenti menerima lebih banyak penayangan, suka, dan lalu lintas dari For You Page (FYP) TikTok, tidak sesering sebelumnya.

Jadi, jika kamu telah melihat tayangan dan keterlibatan video konten kamu turun secara drastis dalam beberapa hari atau minggu terakhir, maka akun TikTok kamu mungkin telah terkena shadowbanned. Apa tujuannya?

Tujuannya untuk menciptakan ekosistem komunitas yang lebih kondusif. Misalnya menyembunyikan konten terlarang dan memicu keributan agar tidak mudah terlihat oleh pengguna lain.

Dengan diterapkannya shadowban di komunitas online, orang yang suka membuat masalah tidak akan menyadari bahwa mereka sedang disingkirkan. Itulah mengapa ini kemungkinan besar tidak akan memicu mereka untuk membuat akun baru.

Bagaimana mengetahui jika kamu terkena 'shadowbanned' di TikTok?

Berdasarkan informasi di atas, maka kamu mungkin ingin tahu apakah akun atau hashtag yang kamu gunakan di-shadowbanned atau tidak. Adakah cara yang dapat dilakukan untuk memeriksanya?

TikTok tidak membuat fitur atau layanan apa pun untuk melakukan itu. Ini disebut "shadowbanned" karena suatu alasan. Kayak ninja yang mengeksekusi targetnya di balik bayangan malam.

Namun, ada beberapa cara sederhana yang dapat kamu coba untuk mengetahui apakah akun atau hashtagmu dilarang atau tidak.

Di bawah ini adalah langkah-langkah mudah dan lengkap untuk diikuti:

  1. Buka aplikasi dengan menggunakan akun lain
  2. Buka menu 'Pencarian' yang tersedia di sana
  3. Di kotak pencarian, ketikkan nama pengguna atau hashtag yang ingin kamu periksa
  4. Klik tombol Cari

Jika kamu masih bisa menemukan usernamemu atau tagarnya dari sana, berarti semuanya baik-baik saja. Namun, jika tidak, kamu perlu melakukan tindak lanjut untuk memulihkan akun tersebut atau menghapus hashtag yang melanggar sesegera mungkin.

Cara lain untuk memeriksanya adalah dengan menganalisis penayangan video kontenmu selama tujuh hari terakhir. Jika tayangan kontennya terus menurun drastis dari hari ke hari meskipun kualitasnya sama, maka itulah shadowbanned untukmu.

Pengguna harus memahami bahwa memposting konten duplikat atau memposting ulang video orang lain tanpa izin dapat membuat konten itu dihapus dan mereka diblokir. Akun yang punya kecenderungan terhadap rasisme, perkataan yang mendorong kebencian, dan konten keterl*nj*ngan mengakibatkan pemblokiran juga.

Berapa lama shadowbanned TikTok berlangsung?

Untuk beberapa dari kamu atau pengguna lain yang terkena shadowbanned pada aplikasi tersebut, penting untuk mengetahui berapa lama itu akan berlangsung. Meski kebanyakan orang tidak yakin berapa lama pelarangan itu akan berakhir. Ada sedikit pencerahan mengenai masalah ini.

Beberapa pengguna berpengalaman mengatakan bahwa itu bisa berlangsung selama dua minggu, dua bulan, atau bahkan berakhir permanen. Yang pasti sulit untuk memulihkan akun atau tagar yang telah diblokir TikTok.

Karena aplikasi tersebut memiliki alasan kuat untuk melakukan itu. Contohnya untuk postingan yang bisa memicu ancaman, berisikan keterl*nj*ngan, hak cipta, dilaporkan oleh banyak pengguna, dan sebagainya.

Itulah mengapa jika kamu tidak ingin diblokir dari aplikasi, penting untuk "bermain aman" dan mengikuti aturan yang berlaku. Artinya jangan memposting gambar, video, atau hashtag yang melanggar kebijakan TikTok.

Untuk menjaga kenyamanan penggunanya, TikTok selalu memiliki alasan yang tepat dan tegas untuk memblokir akun. Ini berarti bahwa mereka tidak memblokir pengguna secara acak selama itu tidak melanggar kebijakan mereka.

Memang ada beberapa kriteria di mana aplikasi itu langsung mengambil keputusan akhir. Terutama, jika algoritma TikTok mendeteksi video yang kamu unggah sebagai spam, TikTok dapat segera memblokirnya dari platform.

Bagaimana cara mengatasi shadowban di TikTok?

Cukup sulit untuk memulihkan akun atau tagar yang telah diblokir, seperti yang dijelaskan sebelumnya. Namun, ada beberapa upaya yang mungkin bisa kamu lakukan.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Hapus semua video yang memiliki konten dan hashtag yang terkena pelarangan

2. Selama berlangsungnya shadowban, kurangi aktivitas kamu di TikTok, seperti mengupload video kontroversial dan banyak lagi

3. Periksa akun secara rutin karena durasi pemblokiran dapat bervariasi

4. Beralih ke Akun TikTok Pro

5. Menunggu hingga TikTok mengangkat pemblokiran sementaranya dan menunggu kondisi dunia nyata lebih kondusif

Langkah-langkah di atas mungkin tidak akan 100% memulihkan akunmu dari pemblokiran, terutama bila sifatnya permanen. Namun, setidaknya tindakan tersebut bisa "membersihkan" dari penyebab shadow banned atau pemblokiran sementara.

Setelah mengetahui arti "shadowbanned" di TikTok, saya harap kamu lebih bijak dalam setiap tindakan aktivitas online kamu. Sekali lagi, hal terpenting yang harus dilakukan adalah tidak mengupload sesuatu yang melanggar kebijakan dan selalu ikuti pedoman komunitas.

Baca juga: Arti XYZBCA di TikTok, Mitos Tagar yang Bisa Bikin Video Masuk FYP.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>
Berkomentarlah sesuai pembahasan artikel, jika ada waktu luang, kami akan menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Alasan kenapa pertanyaan kamu tidak tampil dan tidak terjawab:

1. Komentar di blog ini dimoderasi, jadi butuh persetujuan admin terlebih dahulu untuk diterbitkan.

2. Admin lagi sibuk dan tidak sempat untuk cek komentar.

3. Pertanyaan kamu tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel, jadi sekali lagi tanyalah sesuai tempatnya.

4. Pertanyaan yang diajukan sudah dibahas dan ditanyakan berulang-ulang di blog ini.

5. Admin tidak tau jawaban atau solusi dari pertanyaan kamu.

6. Kamu tidak menampilkan nama asli kamu (Unknown).

Tidak semua pertanyaan kami jawab. Jadi harap dimaklumi ya. Terima kasih.