Monday, October 31, 2016

Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemain Pemula Clash Royale

(Bagian dari Artikel lama Blog ID Gamerz) - Saat saya pertama kali bermain Clash Royale di Android, saya banyak sekali melakukan kesalahan dalam memainkan game tersebut. Ya wajar saja karena waktu itu saya masih tidak mengerti apa-apa tentang game Clash Royale, sampai sekarang pun masih sedikit bingung dalam menentukan strategi yang tepat untuk mencapai kemenangan. Tapi setidaknya saat ini sedikit lebih paham karena mencoba sesuatu yang baru.

6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemain Pemula Clash Royale

Kalau dilihat-lihat, hal ini tidak terjadi pada saya saja, beberapa pemain yang saya temui kebanyakan juga masih bingung untuk menentukan cara yang tepat dalam bermain game Clash Royale ini. Nah untuk itu kali ini saya akan membahas Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemain Clash Royale ketika masih menjadi pemain pemula pada game tersebut.

6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemain Pemula Clash Royale


1. Menyusun Deck Asal-asalan

Hal utama yang pernah saya lakukan dan banyak saya temui dikebanyakan Grup atau Forum game yang membahas Clash Royale adalah banyak pemain yang menyusun kartu pasukan asal-asalan. Hal ini karena ketidaktahuan pemain dalam memilih kartu pasukan yang efektif penggunaanya.

Biasanya mereka hanya melihat kartu ini bagus, tapi tidak menghiraukan rata-rata penggunaan Elixir, sehingga banyak diantara mereka sangat mudah dihancurkan Tower-nya terlebih dahulu oleh lawan. Tapi banyak juga alasan karena belum memiliki banyak kartu pasukan yang bisa dipakai.

2. Mengeluarkan Kartu Pasukan Tanpa Pendukung

Pemain pemula Clash Royale sangat sering melakukan hal ini saat pertandingan, paling sering ditemui saat arena 1 dan arena 2. Hal ini merupakan kesalahan besar yang juga menyebabkan banyak pemain kalah saat pertarungan.

Jadi setidaknya jangan keluarkan kartu pasukan terlebih dahulu jika Elixir yang diperlukan masih kurang untuk mengeluarkan kartu pendukung lainnya. Selain untuk menghemat Elixir, hal ini juga sangat efesien dilakukan daripada menggeluarkan kartu pasukan sendirian. Misalnya ketika Prince dikeluarkan sendirian, maka akan sangat mudah sekali dihentikan sebelum menyentuh Tower musuh oleh kartu Skeleton Army. 

Beda lagi jika kalian mempunyai kartu pendukung seperti Arrows, Dragon, dan lain-lain, musuh pasti juga akan sedikit berpikir bagaimana cara menghentikan kombinasi yang kalian gunakan. Sehingga kemungkinan serangan kalian memberi efek kerusakan pada Tower musuh akan semakin besar.

3. Meng-upgrade Semua Kartu Pasukan

Saat awal bermain Clash Royale, pasti kebanyakan pemain pemula akan bingung memilih kartu pasukan yang seharusnya diupgrade ataupun tidak. Tidak banyak juga yang ingin menaikkan level dengan cepat dengan mengupgrade semua kartu pasukan yang dimiliki.

Mengupgrade kartu pasukan memang sangatlah penting, akan tetapi jika semua kartu yang tidak pakai lagi juga ikut diupgrade maka sangatlah tidak berguna. Malahan hanya akan menghabiskan Gold yang seharusnya bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk keperluan yang lebih berguna. 

4. Pelit Donasi Pada Teman Satu Clan

Jika kalian bergabung dengan sebuah Clan yang berisi sekumpulan orang-orang pelit dalam hal donasi kartu pasukan, sebaiknya segeralah pindah dari Clan tersebut. Kenapa? karena dari donasi, pemain bisa mendapatkan kartu pasukan dengan cepat untuk upgrade, jika satu Clan jarang ada yang saling donasi, maka kartu pasukan pemain yang berada pada Clan tersebut tidak akan cepat naik level.

Kita sendiri juga tidak boleh pelit dalam donasi dengan teman satu Clan. Jika kita sering donasi, maka kemungkinan besar teman satu Clan juga bakal donasi balik ke kita begitu pula sebaliknya, intinya saling timbal balik dalam hal yang menguntungkan. Tidak perlu donasi terus, kalian hanya perlu mendonasikan kartu pasukan yang sekiranya tidak terpakai saja.

5. Main Terus Padahal Deck Belum Memadai

Kesalahan fatal yang sering dilakukan banyak pemain Clash Royale baik itu pemula ataupun tidak adalah main terus padahal susunan Deck dan level belum memadai untuk lanjut ke arena berikutnya. Memang tidak salah, akan tetapi jika terlalu memaksakan malah akan membuat sulit pemain sendiri.

Bisa-bisa bukanlah suatu kemenangan yang didapatkan, akan tetapi kekalahan berkelanjutan yang malah membuat pemain kehilangan tropi kemenangan. Saran saya, jika pada keadaan tertentu kalian sudah frustasi karena kebanyakan kalah, lebih baik berhenti sejenak dulu untuk istirahat atau melakukan hal yang lebih bermanfaat lainnya. Setelah pikiran fresh bolehlah lanjut main Clash Royale lagi.

6. Ikut-Ikut Susunan Kartu Pasukan Pemain Lain

Pada banyak postingan pada grup yang membahas game Clash Royale banyak saya temui pertanyaan seperti ini : 
Boleh nggak lihat susunan kartu pasukannya?
Kartu pasukan yang bagus apa gan?
Secara langsung maupun tidak, banyak pemain yang mencari referensi kartu pasukan yang sebaiknya dipakai dan tidak dengan mengajukan pertanyaan diatas, padahal lebih enak menonton TV Royale. Hal tersebut memang sangat penting, akan tetapi jangan pernah ikut-ikutan menggunakan susunan kartu pasukan yang sama persis dengan punya pemain lain yang kalian jadikan referensi.

Karena tidak pasti bahwa kalian bisa cocok menggunakan susunan tersebut. Menemukan kombinasi kartu pasukan yang menurut diri sendiri cocok merupakan hal yang lebih bagus daripada ikut-ikutan pemain lain.

Cukup survey kartu pasukan yang banyak dipakai oleh pemain lain dengan ranking tinggi dan kemudian mencobanya pada susunan Deck sendiri. Jadi kita bisa tau kelebihan dan kekurangan setiap kartu pasukan dan bisa mengkombinasikannya dengan kartu lain yang menurut kita bagus.

Penutup

Itulah 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemain Pemula Clash Royale, setidaknya itulah pengalaman yang pernah saya alami dan lihat dibeberapa grup dan forum yang membahas game Clash Royale. Sekian, Terima kasih.

0 komentar

Post a Comment

Selamat Datang di ID Harvest, Komunitas Game Online terupdate di Indonesia, Mulai dari Harvest Moon, Pokemon GO sampai Dota 2 akan ada disini. Berkomentarlah sesuai artikel yang tertera. Terima Kasih.