Tuesday, January 3, 2017

Dua Seri Harvest Moon Akan Hadir di PS4

Harvest Moon adalah salah satu dari sekian banyak game simulasi pertanian yang sukses menarik minat banyak orang dari masa ke masa. Akan tetapi, sejak berpisahnya Natsume dan Marvelous selaku pengembang game Harvest Moon di tahun 2014, popularitasnya kian meredup. Malah cenderung tergeser oleh pesaingnya yaitu Stardew Valley.
Dua Seri Harvest Moon Akan Hadir di PS 4

Nah ada kabar baik dari game Harvest Moon di awal tahun ini. Dilansir dalam laman website ESRB (Entertainment Software Rating Board) bahwa ada dua seri Harvest Moon dari PS 2 yang bakal hadir di PS 4. Dua seri Harvest Moon itu yaitu Harvest Moon: A Wonderful Life SE dan Harvest Moon: Save The Homeland.

Hasil rating untuk dua seri Harvest Moon tersebut tetaplah sama seperti konsol pendahulunya, baik itu rating E (Everyone) dan deskripsi kontennya. Bedanya, disana ada update keterangan PS 4 pada label platform.

Bagi penggemar Harvest Moon dari jaman jadul pasti udah kenal dan nggak asing lagi sama dua seri Harvest Moon ini. Harvest Moon: Save The Homeland yang dirilis di tahun 2001 dan Harvest Moon: A Wonderful Life SE pada tahun 2004-2005 an. Meskipun keduanya tidak bisa mengalahkan kesuksesan Harvest Moon: Back to Nature, tapi kedua adalah seri Harvest Moon terbaik pada masanya.

Harus saya akui, strategi marketing dari Natsume benar-benar sangat bagus dan tepat sasaran. Setidaknya untuk menjaga eksistensi dan mendongkrak popularitas Harvest Moon kembali di tahun 2017 ini.

Meskipun begitu, sampai saat ini masih belum terdapat pengumuman resmi dari Natsume terkait kapan dirilisnya dua seri Harvest Moon tersebut pada platform PS 4. Tapi nggak usah khawatir, paling nggak akan lama lagi juga bakal ada pengumumannya.

Akan tetapi, jangan terlalu banyak berharap pada dua seri Harvest Moon ini nantinya. Meskipun dirilis pada Platform PS 4, kemungkinan adanya penambahan fitur baru sangat kecil. Hal yang paling memungkinkan adalah adanya perbedaan besar dalam hal grafik dan kinerja game yang jauh lebih baik. Selain itu, biasanya game PS 4 juga ada fitur tropies.

Jika resmi dirilis, maka ini merupakan kali pertama seri Harvest Moon dirilis pada platform PS 4. Semoga ini juga menjadi kesempatan bagi seri Harvest Moon lainnya agar bisa dirilis pada Platform Play Station.

Sumber: ESRB, GearNuke, Reddit

Baca juga: Perbedaan Harvest Moon: A Wonderful Life GC dan Harvest Moon: A Wonderful Life SE

1 komentar:

  1. Kayanya cuman penambahan Grafik... Seperti game Assassin's Creed II, Assassin's Creed Brotherhood, dan Assassin's Creed Revelations yang di PS3, Xbox 360, dan PC diremake ke PS4 dan Xbox ONE jadi "Assassin's Creed: The Ezio Collection" hanya penambahan grafik, justru fitur multiplayer malah dihilangkan di Assassin's Creed: The Ezio Collection...

    ReplyDelete

Selamat Datang di ID Harvest, Komunitas Game Online terupdate di Indonesia, Mulai dari Harvest Moon, Pokemon GO sampai Dota 2 akan ada disini. Berkomentarlah sesuai artikel yang tertera. Terima Kasih.