Tuesday, April 10, 2018

6 Cara Efisien Leveling Profesi Blacksmith di Elsword Online dengan Cepat

Sebenarnya artikel ini lebih ke berbagi pengalaman yang pernah saya coba ketika saya masih mendalami profesi Blacksmith, kamu bisa memakainya juga untuk menaikkan level profesi Blacksmith di Elsword Online dengan cepat.

Mungkin kamu sudah mengetahui kalau profesi ini merupakan profesi yang paling banyak membutuhkan ED untuk menaikkan levelnya.
Lalu bagaimana cara leveling profesi Blacksmith yang tepat dan cepat?

6 Cara Efisien Leveling Profesi Blacksmith di Elsword Online

Beberapa cara, tips, dan trik yang bisa dilakukan untuk leveling profesi Blacksmith diantaranya:

1. Gunakan Item Pengganda Exp Untuk Profesi

Pastikan kamu menggunakan item exp up khusus profesi untuk meningkatkan levelnya lebih cepat daripada leveling seperti biasa. Tentunya dengan cara ini kamu dapat menghemat banyak ED yang kamu keluarkan. Exp up profesi ini biasanya bisa didapat dari event-event tertentu.

2. Pilih Advanced Dismatle Daripada Advanced Enchancement

Cara Leveling Profesi Blacksmith Elsword
Advanced dismatle +11 dapat MA +10

Advanced dismatle dan enchancement ini merupakan sumber utama yang digunakan untuk menaikan level Blacksmith. Untuk membuktikan ini kamu bisa mencobanya sendiri.

Menurut pengalaman saya leveling Blacksmith, Advanced Dismatle lebih efektif dan efisien karena tidak banyak menggunakan Mithril dan Exp yang didapatkan lebih banyak daripada Advanced Enchancement. 

3. Bermain Dungeon dan Gunakan El Anvil untuk Mendapatkan Equip Abal-abal

Jika kamu ingin berhemat, kamu bisa bermain dungeon terlebih dahulu untuk mendapatkan equip abal-abal hasil drop dungeon untuk advanced dismatle atau enchancement. Equip abal-abal juga bisa didapatkan dari Anvil.

Keuntungan dari cara ini adalah kamu bisa mendapatkan equipment gratis dan sudah ditempa (+) secara acak tanpa harus menempanya lagi. Kelemahan dari cara ini tentunya akan membutuhkan sedikit waktu yang lebih lama dan sedikit usaha. Meskipun begitu, cara ini juga sedikit membantu dalam proses leveling profesi Blacksmith.

4. Membeli Equip Glove Sesuai Level Kamu Sekarang di Blacksmith Kota 

Cara ini yang saya sering lakukan kalau lagi bosan main dungeon. Mungkin banyak yang bertanya kenapa harus Glove? jawaban yang paling tepat adalah karena harganya yang paling murah daripada bagian equip lainnya. 

Kelemahan dari cara ini hanya mengeluarkan ED di awal aja, kok gitu? Karena hasil dismatle equip tersebut juga bisa dijual lagi nantinya atau bisa dibuat makanan pet (QPL). Kelebihan dari cara ini yaitu tidak terlalu banyak membutuhkan usaha dan tentunya lebih cepat.

5. Menempa Equip Terlebih Dulu Sebelum di Advanced Dismatle

Seperti yang sudah saya jelaskan pada nomer 3 dan 4, setelah kamu membeli atau mendapatkan equip, tempalah terlebih dulu jika (+) dari equp tersebut kurang dari +4, minimal tempa sampai +4 (Nempanya di Blacksmith Kota jangan memakai Advanced Enchancement).
Kenapa harus begitu?
Ditempa sampai +4 saja untuk menghemat batu enchancement karena jika ditempa lebih dari +4, akan mulai sering gagal dan hanya akan membuang-buang banyak batu tempa dan ED. Selain itu exp yang didapat juga tidak jauh berbeda untuk +4 dan +5. Besar (+) equip akan mempengaruhi persentase kenaikan level profesi Blacksmith ketika di advanced dismatle.

Informasi Penting : Semakin tinggi + equipment yang didismatle maka semakin banyak exp yang kamu dapat. Ketika level profesi Blacksmith kamu semakin tinggi, maka persentase naiknya exp akan semakin sedikit.

6. Beli Equip Murah di Papan

Kalau harga mithril gemstone lagi naik, saya iseng-iseng melihat papan, mencari equipment abal-abal dengan (+) cukup tinggi dengan harga murah pastinya. Biasanya equip +6 dan +7 yang sering saya beli. Tapi kalau hoki ya mungkin aja ada yang jual +8~12 di papan dengan harga terjangkau pasti saya beli. 

Daripada nempa dan advanced dismatle +4/ +5 yang mengorbankan banyak batu tempa dan gemstone tapi exp-nya lebih dikit. Jadi advanced dismatlenya nanti memakai mihtril sculture atau mithril crystal, bukan mithril gemstone.

Kesimpulan

Jika kamu memang berniat untuk menaikkan level profesi Blacksmith ini, kamu harus menyiapkan setidaknya ED dan Mithril yang cukup banyak. ED yang dibutuhkan setidaknya lebih dari 2,5 M (Jaman Server Indonesia).

Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir karena profesi Blacksmith memiliki beberapa cara untuk meminimalisir dan mengembalikan modal awal kamu seperti semula.

Sekian penjelasan dan tips leveling profesi Blacksmith di Elsword Online. Saya harap artikel ini bisa bermanfaat dan membantu permasalahan kamu. Kurang lebihnya saya minta maaf. Terima kasih.

0 komentar

Post a Comment

Terima kasih telah membaca artikel ini. Berkomentarlah sesuai pembahasan artikel, jika ada waktu luang, kami akan menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Alasan kenapa pertanyaan kamu tidak tampil dan tidak terjawab:

1. Komentar di blog ini dimoderasi, jadi butuh persetujuan admin terlebih dahulu untuk dipublish.

2. Admin lagi sibuk dan tidak sempat untuk cek komentar.

3. Pertanyaan kamu tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel, jadi sekali lagi tanyalah sesuai tempatnya.

4. Pertanyaan yang diajukan sudah dibahas dan ditanyakan berulang-ulang di blog ini.

5. Admin tidak tau jawaban atau solusi dari pertanyaan kamu.

6. Kamu tidak menampilkan nama asli kamu (Unknown).

Tidak semua pertanyaan kami jawab. Jadi harap dimaklumi ya. Terima kasih.