-->

Apakah Google Pernah Kalah Perang Melawan Pesaingnya Dalam Pengembangan Teknologi?

Apakah Google pernah kalah bersaingan dengan perusahaan teknologi lainnya? Kira-kira apa penyebabnya?
Pertama-tama, yang dimaksud perang di sini bukan perang pake senjata ya, bro, jangan salah paham, hehe. Melainkan perang eksistensi dalam menarik minat konsumen untuk menggunakan produk teknologi yang dikembangkannya.
Rincian Produk Produk Gagal Google
Kita menganggap Google sebagai sebuah perusahaan raksasa internet yang mungkin sulit untuk dikalahkan, dan kadang ada kalanya kita bertanya-tanya apakah Google pernah kalah perang dalam persaingan dengan perusahaan industri teknologi lainnya?


Oke, mari kita bahas sejelas-jelasnya pertanyaan ini...

Google dalam Industri Hardware

Kegagalan Google dalam Industri Hardware

Kita tau bahwa tidak ada perusahaan yang mendominasi dalam semua hal yang mereka lakukan, termasuk Google. Saat ini, kamu mungkin membaca ini di komputer Windows, yang merupakan satu hal yang membuat mereka kalah perang dengan Microsoft dalam ruang ini.

Google memang memiliki lini komputer Chromebook mereka sendiri, tetapi mereka tidak memiliki daya tarik dan dikaitkan dengan anggaran yang sangat rendah.

Dalam perangkat keras, Google secara konsisten cenderung mencoba-coba, terkadang dengan lebih banyak keberhasilan (Chromecast, Nexus) atau kurang berhasil (Google Glass).

Upaya-upaya ini lebih merupakan percobaan pemasaran (Pixel) dan cara untuk memastikan bahwa orang-orang memasukkan data ke Google, daripada usaha menghasilkan keuntungan yang besar. Jadi mereka tidak perlu super sukses untuk menjadi berguna.

Dalam Industri Productivity

Hal lain yang membuat mereka kalah perang adalah hal producticity. Microsoft Office mendominasi dunia produktivitas karena mereka digunakan oleh 90% dari semua perusahaan besar, termasuk Apple dan bahkan Google.

Google Docs secara luas dipandang sebagai produk super dasar dan tidak efektif untuk kebutuhan bisnis.

Google dalam Industri Musik

Kegagalan Google dalam Industri Musik

Spotify dan Apple Music secara luas dipandang sebagai pemain dominan di bidang ini, sedangkan Google Play Music masih beruntung bisa menjadi sebuah pajangan di HP android ane, hehe.

Mereka memiliki YouTube yang memang memiliki beberapa video musik tetapi ia tidak dirancang untuk menjadi platform untuk musik seperti Apple Music. Malahan, pembajakan dipandang sebagai masalah besar bagi situs ini.

Persaingan Google+ vs. Facebook

Pernahkah kamu mendengar tentang Google+ sebelumnya? Sekitar tahun 2012, Google melancarkan perang pada raksasa jejaring sosial Facebook dengan energi penuh.

Untuk menjadikan Google+ sukses, Google memaksa pengguna produk mereka yang lain seperti YouTuber, Gmail, dan pengguna Google Play untuk membuka akun Google+ untuk terus menggunakan produk tersebut.

Terlepas dari semua upaya yang putus asa yang dilakukan oleh Google, Google+ gagal total. Google mulai menyadari dalam beberapa tahun, lalu mereka memisahkan Google+ dari produk mereka yang lain. Saya juga mendengar kabar bahwa Google+ akan ditutup pada tahun 2019 mendatang.

Ya, kalau menurut aneh sih memang dari segi tampilan dan inovasi, Google+ kalah jauh sama Facebook. Keunggulan dari facebook sendiri diantaranya tampilannya lebih simple, ada fitur grup, livestream, fanpage, dan aliran informasinya lebih cepat.

Saya saja cuman pake Google+ buat share artikel sama baca-baca komentar para blogger di salah satu grup di sana.

Kegagalan Produk Google lainnya

Selain Google+, ada banyak produk yang gagal seperti Google Buzz, Google Answers, dan Google Wave dari Google. Sebenarnya, sebagian besar produk Google sendiri gagal total kecuali Search, Chrome dan Gmail. Banyak dari produk mereka yang sukses datang melalui akuisisi.

Google mencoba membangun platform hosting video mereka sendiri yang disebut Google Video dan gagal lepas landas. Kemudian, Google membeli YouTube dengan harga $ 1,6 miliar pada tahun 2006.

Pada tahun 2004, asal-usul Google Maps datang melalui akuisisi startup yang disebut Where 2 Technologies.

Sisanya terbengkalai sehingga mereka dibunuh tanpa basa-basi. Daftar yang tidak lengkap termasuk Buzz, Feedburner, Gears, Hangout, Knol, Reader, Checkout, dan Orkut.

Perusahaan induk Google, Alphabet, telah membuat sejumlah taruhan jangka panjang yang besar pada teknologi mutakhir.

Mereka hampir semua mengeluarkan uang (pada 2018), tetapi beberapa dikenal sebagai pemimpin di bidang mereka - misalnya DeepMind (AI), Waymo (kendaraan tanpa pengemudi). Boston Dynamics (robotika) adalah pemimpin teknologi lain dalam Google X, yang diakuisisi oleh Softbank pada tahun 2017.

Kesimpulan

Jadi jawaban pada pertanyaan artikel ini adalah ya tentu saja, dan contohnya ada banyak seperti yang sudah saya paparkan di atas. Semua yang ada di dunia ini itu nggak ada yang abadi, bro. Kadang kita di atas dan mereka di bawah, begitu juga sebaliknya.

Ringkasnya, Google memiliki lebih dari 100 produk dan ia kehilangan daya saing setiap saat dan waktu besar. Faktanya, ia hanya memiliki beberapa pemenang rumahan yang jelas:
  • Google Search
  • Google AdSense + Analytics
  • Gmail, Calendar
  • Chrome
  • Scientific tools: Google Scholar, Patent Search, TensorFlow

Adapun beberapa produk mereka yang sukses datang melalui akuisisi, termasuk:
  • YouTube
  • Google Maps/Earth
  • Android
  • AdMob

Setiap perusahaan teknologi yang sukses memiliki niche market (target pemasaran) tersendiri untuk produk mereka karena budaya mereka berkembang sejak fase startup mereka.

Zona nyaman Google adalah produk Pencarian mereka sedangkan Facebook terletak pada produk jejaring sosialnya.

Ketika mereka keluar dari zona nyaman itu, mereka kebanyakan akan gagal juga meskipun memiliki banyak gudang uang tunai, popularitas dan tim pintar untuk membangun sebuah produk baru.

Alasan kegagalannya sering juga karena semua uang di dunia terkadang tidak dapat mengalahkan fokus, motivasi dan gairah manusia.

Saya ambil contoh seperti diri saya sendiri yang beberapa bulan kemarin kehilangan fokus dan konsistensi dalam ngeblog. Ya karena itu tadi, kurang adanya motivasi dan gairah, meskipun dari ngeblog ini saya mendapat sedikit uang jajan yang jauh dari harapan saya ngeblog.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.