-->

Berapa RAM yang Diharuskan untuk Mendownload dan Memainkan Game Harvest Moon?

RAM yang direkomendasikan untuk download dan memainkan Harvest Moon: Back to Nature (BTN), Save The Homeland (STH) A Wonderful Life (AWL), Hero of Leaf Valley (HoLV), Light of Hope (Loh) dan lain-lain!
Pertanyaan ini memang mentah-mentah saya ambil dari orang yang menanyakannya. Saya hanya perbaiki susunan kalimat saja. Jadi mungkin pertanyaan ini perlu dispesifikan untuk Harvest Moon dan dimainkan pada platform apa, agar menjawabnya bisa lebih mudah.

Namun karena ini berbicara tentang RAM (Random Access Memory), maka kita sedang membahas RAM untuk mengunduh (download) Harvest Moon di ponsel pintar, laptop, atau komputer.
RAM untuk mengunduh dan bermain game Harvest Moon

Sebelumnya, perlu saya tekankan bahwa RAM bukanlah segalanya. Masih banyak komponen dalam ponsel pintar atau laptop yang mempengaruhi kelancaran kita dalam bermain game.

Misalnya saja dalam hal perangkat kerasnya, masih ada prosesor, chipset, GPU, VGA, dan lain-lain yang sangat menentukan performa gadget kita. Baiklah kembali ke pertanyaan...

RAM yang Diharuskan untuk Mengunduh atau Memainkan Game Harvest Moon

Hal ini akan bergantung pada informasi yang diberitahukan si pengembang atau penerbit di dalam informasi game-nya. Semakin bagus grafisnya dan berat game-nya akan membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi juga.

Saya ambil contoh Harvest Moon: Seeds of Memories yang membutuhkan minimal RAM 2 GB untuk dapat kamu download di Play Store. Harvest Moon: Light of hope  membutuhkan minimal RAM 2 GB atau lebih tinggi untuk diunduh di Play Store.

Namun untuk mengunduh dan memainkan Harvest Moon: Light of Hope dengan lancar di laptop/PC, kamu membutuhkan RAM 4 GB seperti yang tertera di Steam.

Setiap game yang dirilis pada platform yang berbeda juga membutuhkan spesifikasi perangkat yang berbeda-beda.

Jika kamu mengunduhnya dari luar Play Store atau penyedia tidak resmi, tentu tidak akan ada "standard" RAM yang diharuskan untuk download. Ini cuman "download" bukan "memainkan" ya.

Kalau "download" doang, kamu hanya perlu menyisakan ruang kosong dalam memori internal atau eksternal perangkat kamu.

Daftar Harvest Moon yang Bisa Dimainkan di Perangkat dengan RAM 2 GB

Sepengetahuan saya sih, kebanyakan game Harvest Moon bisa kok diunduh dan dimainkan pada perangkat yang mempunyai RAM 2 GB, sekalipun yang pakai emulator Android. Kalau boleh saya daftar, ini termasuk:
  • Harvest Moon: Back to Nature
  • Harvest Moon: Boy & Girl
  • Harvest Moon 64
  • Harvest Moon: Friends of Mineral Town
  • Harvest Moon: More Friends of Mineral Town
  • Harvest Moon: Hero of Leaf Valley
  • Harvest Moon: Innocent Life
  • Harvest Moon: DS
  • Harvest Moon: Seeds of Memories
  • Harvest Moon: Light of Hope
  • Rune Factory: A Fantasy Harvest Moon (1-3)
  • Dan lain-lain
Kecuali apabila kamu memainkan game Harvest Moon yang berat, seperti A Wonderful Life dan Save The Homeland menggunakan emulator, maka kamu membutuhkan RAM dan spesifikasi yang jauh lebih tinggi lagi.

Yaaa begitulah kira-kira penjelasan yang bisa saya sampaikan. Memang agak rumit untuk dicerina otak apalagi untuk orang yang kurang paham IT. Semoga saja masih bisa dipahami dengan mudah.

Apabila kamu punya pertanyaan yang lebih spesifik terkait RAM untuk mendownload atau memainkan game Harvest Moon, silakan komen di kolom komentar di bawah artikel ini. Terima kasih.

Baca juga: Apakah HP Advan Kuat untuk Bermain Game Harvest Moon: Save The Homeland?

Anda mungkin menyukai postingan ini

Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.