Sunday, August 16, 2020

Arti 'Bobrok' dalam Bahasa Gaul

Bobrok memang pada awalnya hanyalah sebuah kata yang sudah umum digunakan oleh orang Indonesia. Namun makin ke sini ia masuk ke dalam ragam bahasa gaul 2020 yang cukup sering digunakan oleh warganet dalam percakapan di media sosial sehari-hari.

Pergeseran makna bahasa ini selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi saya pribadi. Jadi, kali ini saya tertarik untuk membahasnya di blog ini. Oke, pertama mari kita mulai dari melihat...

Arti Bobrok dalam Bahasa Gaul

Arti 'Bobrok' Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bobrok artinya adalah rusak sama sekali. Bobrok juga mempunyai arti bejat. Jika kebobrokan, maka artinya menjadi kerusakan atau kebejatan.

Rusak sama sekali bisa digunakan untuk merujuk pada kondisi sebuah benda seperti gawai, sepeda motor, mobil, rumah dan lain-lain. Sedangkan bejat bisa merujuk pada sifat atau perilaku seseorang.

Contoh penggunaannya:

"Sistem alogaritme YouTube yang menyeleksi video yang masuk trending bobrok, hanya menampilkan video unfaedah dari para artis saja"

"Kondisi perekonomian di negeri ini semakin bobrok akibat pandemi COVID-19, sehingga perlu ada perbaikan yang nyata.

"Idol K-pop dengan inisial KT kelakukannya bobrok banget"

Dan seterusnya.

Karena definisi ini, saya amati terjadi perdebatan di antara warganet Twitter yang sering menggunakan kata bobrok tersebut dalam percakapan di media sosial sehari-hari. Entah kenapa kebanyakan dari mereka ini adalah penggemar K-pop atau Kpopers.

Mereka di antaranya juga suka memainkan permainan sebagai RolePlayer (RP). Suka menggunakan kata bobrok ini untuk melabeli perilaku salah satu idol mereka atau lawannya.
Arti Bobrok Bahasa Gaul

Jadi, ada yang menyuruh mereka untuk berhenti menggunakan kata bobrok ini kepada idol mereka. Sebab maknanya sendiri memang tidak baik. Untuk lebih memahami masalah ini, kita per tahu juga...

Apa itu Arti 'Bobrok' dalam Bahasa Gaul?

Bobrok menurut bahasa pergaulan anak zaman sekarang artinya sedikit bergeser menjadi gak ada akhlak. Sebutan lain yang biasa dilontarkan warganet Indonesia dalam sebuah komentar adalah no have akhlak atau akhlakless. Yah terserah mereka mau menyebutnya apa.

Jadi sebenarnya nggak ada yang salah juga ketika menggunakan kata ini untuk merujuk pada orang-orang yang memang tidak memiliki perangai, perilaku, dan tabiat yang baik.

Kamu mungkin bisa menggunakannya untuk mengomentari video seseorang di media sosial seperti TikTok dan YouTube yang tidak layak menjadi konsumsi publik.

Ada juga yang menggunakan kata ini untuk mengomentari perilaku seseorang yang kocak dan kacau. Meskipun sebenarnya pengartiannya menjadi bergeser cukup jauh dari definisi aslinya.

Yah, begitulah sekiranya penjelasan mengenai arti 'bobrok' dalam bahasa gaul di media sosial ini. Semoga bermanfaat ya. Terima kasih sudah membaca.

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai pembahasan artikel, jika ada waktu luang, kami akan menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Alasan kenapa pertanyaan kamu tidak tampil dan tidak terjawab:

1. Komentar di blog ini dimoderasi, jadi butuh persetujuan admin terlebih dahulu untuk diterbitkan.

2. Admin lagi sibuk dan tidak sempat untuk cek komentar.

3. Pertanyaan kamu tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel, jadi sekali lagi tanyalah sesuai tempatnya.

4. Pertanyaan yang diajukan sudah dibahas dan ditanyakan berulang-ulang di blog ini.

5. Admin tidak tau jawaban atau solusi dari pertanyaan kamu.

6. Kamu tidak menampilkan nama asli kamu (Unknown).

Tidak semua pertanyaan kami jawab. Jadi harap dimaklumi ya. Terima kasih.