Friday, September 4, 2020

Arti dan Asal Ucapan 'Mana Saya Tau, Saya Kan Ikan' di Media Sosial

Hari demi hari, saya semakin menemukan banyak keanehan yang terjadi di Media Sosial. Belakangan ini, yang paling membuat saya mengretnyitkan dahi adalah maraknya penggunaan kata-kata atau kalimat...

"Mana saya tau, saya kan ikan."

Apakah kamu juga tidak asing dengan ucapan tersebut di media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook, dan TikTok? Memangnya apaan sih maksudnya? Dari mana asal kalimatnya?

Saya pun mempunyai pertanyaan serupa ketika pertama kali melihatnya. Jadi akhirnya saya mencari sumber fenomenanya dan ketemulah jawabannya.

Arti dan Asal 'Mana Saya Tau, Saya Kan Ikan' di Media Sosial

Kalimat itu menjadi populer lagi baru-baru ini mulanya dikarenakan sebuah video yang diunggah oleh pengguna bernama evano (@epano) di TikTok. Namun, dia sebenarnya bukanlah pemilik asli suara dalam video tersebut.

Ketika saya selisik lagi, ternyata video asli pelopornya itu berasal dari Twitter Febi Komaril JKT48 yang diunggah pada 20 November 2019.

Jadi dalam video itu, kelihatan ada cewek member JKT48 (aku belum tahu siapa) yang lagi ngomong sama ikan, kira-kira bunyinya begini "ikannn ko kamu ga bobok ikan". Lalu temannya, Angelina Christy JKT48, spontan menimpali dengan kata-kata "lah mana saya tau, saya kan ikan."

Nah, jadi sebenarnya si Christy JKT48 inilah pemilik suara aslinya. Christy ini memposisikan dirinya sebagai si ikan. Dia mempersonifikasikan yang "mungkin" diucapkan oleh si ikan kepada manusia yang mengajaknya bicara.

Jika dilihat dari konteksnya, kalimat itu menunjukkan sebuah respon ketidaktahuan akan sesuatu yang diucapkan oleh lawan bicaranya. Bisa juga merujuk pada ketidakpahaman alasan mengapa bisa begitu. Mengarah ke sikap "bodo amat".

Ibaratnya, kamu yang orang Indonesia diajak ngomong mengenai suatu hal sama orang Rusia, tapi kamu nggak ngerti sama sekali dengan bahasa yang diucapkannya.

Kemudian, "sound" aslinya ini digunakan oleh pengguna TikTok lain untuk membuat video versi mereka sendiri. Warganet Indonesia yang iseng meminta orang bule untuk mengucapkan kalimat itu. Ada juga yang mengganti kata "ikan" dalam kalimat tersebut dengan sesuatu yang lain.

Di media sosial lain seperti Twitter, sebenarnya sudah menggunakan kata-kata ini dalam meme SpongeBob terlebih dulu. Cuma sekarang jadi tambah banyak yang pakai saja. Jadinya ya begitu deh, kalimat itu menjadi kian populer di media sosial.

Yah, sekedar sebagai humor receh untuk hiburan saja, okelah. Begitulah arti dan asal kata-kata "mana saya tau saya kan ikan" di media sosial. Kalau penjelasannya kurang tepat, harap maklum, yaw. Karena saya kan manusia, tempatnya salah, bukan ikan.

Semoga penjelasan ini bisa sedikit mencerahkan dan membuatmu tidur dengan nyenyak. Terima kasih sudah membaca.

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai pembahasan artikel, jika ada waktu luang, kami akan menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Alasan kenapa pertanyaan kamu tidak tampil dan tidak terjawab:

1. Komentar di blog ini dimoderasi, jadi butuh persetujuan admin terlebih dahulu untuk diterbitkan.

2. Admin lagi sibuk dan tidak sempat untuk cek komentar.

3. Pertanyaan kamu tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel, jadi sekali lagi tanyalah sesuai tempatnya.

4. Pertanyaan yang diajukan sudah dibahas dan ditanyakan berulang-ulang di blog ini.

5. Admin tidak tau jawaban atau solusi dari pertanyaan kamu.

6. Kamu tidak menampilkan nama asli kamu (Unknown).

Tidak semua pertanyaan kami jawab. Jadi harap dimaklumi ya. Terima kasih.