-->

Cara Menandai dan Mengirim Email sebagai Urgent di Gmail

Kamu dapat menandai email keluar sebagai "important" atau "prioritas tinggi" di Microsoft Outlook. Tapi bagaimana melakukan itu di Gmail?

Di era komunikasi yang serba cepat sekarang ini, terkadang kamu harus mengirim email dan ingin mendapatkan respon yang relatif cepat. Jadi, kamu mencari cara dan memikirkan suatu metode untuk "mengirim email sebagai urgent atau high priority di Gmail." Tetapi, apakah itu bisa dilakukan?

Memang, kamu pastinya akan merasa kesal jika emailmu yang sangat penting tidak mendapat balasan apapun. Padahal misalnya, kamu membutuhkan balasannya segera untuk menyelesaikan pekerjaan dan atasanmu bersikeras bahwa pekerjaan itu harus selesai hari itu juga.

Mungkin ini bukan sepenuhnya kesalahan penerima, dan kamu juga tanpa sadar berperan dalam terjadinya masalah ini karena miskomunikasi. Tahukah kamu bahwa subjek email memainkan peran penting dalam pengiriman email? Penerima lebih cenderung memperhatikan subjek email yang mereka terima.

Jika kamu mengirim email dengan subjek yang tidak jelas atau tanpa subjek sama sekali, penerima kemungkinan besar akan mengabaikannya. Oleh karena itu, kamu perlu mempertimbangkan untuk menulis subjek email jika kamu ingin mendapatkan tanggapan yang kamu inginkan dengan segera.

Cara Menandai dan Mengirim Email sebagai Urgent di Gmail

Untuk menandai bahwa email yang kamu kirim "sangat penting" atau "urgent", pasti akan lebih mudah jika ada pengaturan dari Gmail. Namun sayangnya, hingga saat ini, Gmail belum memberikan opsi inovatif seperti itu.

Jadi, bagaimana kamu memberi tahu penerima email bahwa email yang kamu kirim itu urgensi? Dalam artikel hari ini, kami akan membahas bagaimana kamu dapat menandai dan mengirim email sebagai urgent di Gmail. Mari kita mulai!

Apa maksud email yang ditandai sebagai urgent di Gmail?

Pertama, kita perlu tahu apa yang dimaksud dengan email urgent. Email urgent atau email yang urgensi/mendesak berarti ia membutuhkan tanggapan segera karena balasan informasinya sangat diperlukan.

Biasanya terkait dengan pekerjaan di kantor yang mendekati tenggat waktu dan tidak dapat ditunda lagi. Untuk itu, kamu bisa melakukan trik sederhana agar email yang kamu kirim mendapat perhatian penerima.

Jika kamu adalah penerima email tersebut, kamu bisa menandai email di kotak masukmu sebagai email penting. Menandai email penting yang kamu terima adalah salah satu cara untuk mengatur kotak masukmu.

Gmail secara otomatis akan mengkategorikan email yang kamu terima sebagai penting atau tidak. Algoritme Gmail mengklasifikasikan email sebagai "penting" jika memenuhi persyaratan berikut:

  1. Email dari alamat yang sering kamu gunakan untuk mengirim email
  2. Email dibuka
  3. Email yang kamu balas
  4. Email dengan kata kunci spesifik yang sering kamu baca
  5. Email yang kamu bintangi

Namun, jika ada email baru yang ingin kamu tandai sebagai Penting, maka kamu dapat memilih opsi "Mark as Important (Tandai sebagai Penting)". Caranya adalah dengan membuka email, klik tiga titik di atas email tersebut, dan pilih "Mark as Important".

Sebaliknya, jika email dianggap "penting" oleh Gmail padahal menurut kamu bukan, kamu dapat dengan mudah membuka email tersebut, pilih tiga titik di atas email, lalu pilih Mark as Not Important (Tandai sebagai Tidak Penting). Ini juga dapat membantu Gmail mempelajari lebih lanjut mengenai preferensimu.

Cara menandai email sebagai urgent di Gmail

Mengirim email dengan label Urgent mudah dilakukan. Namun, ini hanya akan membantu jika kamu melakukannya secara manual karena Gmail tidak memiliki pengaturan pengiriman Urgensi.

Karena Google tidak melengkapi Gmail dengan fitur untuk mengirim email yang mendesak, kamu hanya dapat mengatasinya secara manual. Untuk caranya yang sederhana, kamu bisa memperhatikan langkah-langkah di bawah ini:

1. Buka Gmail melalui aplikasi atau browser web.

2. Klik tanda + atau Compose untuk menulis email baru, dan tambahkan alamat email penerima.

3. Masukkan subjek email kamu dengan awalan [URGENT] atau [PENTING]. Kamu juga dapat memberikan batas balasan di subjek email, misalnya, [REPLY BEFORE 1ST JULY].

4. Ketikkan pesan di badan email dan lampirkan lampiran apa pun, jika ada.

5. Klik Kirim, tunggu penerima merespons.

Cara ini sepenuhnya manual dan mudah tetapi tetap terbukti efektif untuk memberi sinyal kepada penerima bahwa email yang dikirim sangat penting. Jangan lupa untuk memberikan label Urgensi pada email yang relevan agar penerima tidak melewatkannya.

Cara mengirim email sebagai urgent di Gmail

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan di atas, mengirim email urgensi bisa dilakukan seperti mengirim email biasa. Hal yang membedakannya adalah label yang kamu masukkan di subject email.

Jangan anggap ini hal yang rumit. Kamu bisa melakukannya secara manual dengan mengetikkan kata Urgent atau Sangat Penting di awalan subjek email yang ingin kamu kirimkan.

Untuk menambahkan profesionalisme ke email-mu, tulis subjek serelevan mungkin dan tanpa kesalahan ketik. Subjek email yang jelas dan terlihat profesional akan lebih menarik perhatian penerima.

Kamu juga dapat meminta email konfirmasi kepada penerima jika mereka telah menerima dan membaca email yang kamu kirim. Kamu bisa memasukkannya dalam badan email bahwa kamu meminta email konfirmasi dari penerima.

Cara yang tampak tradisional ini memang tidak wajib kamu ikuti, sebab kamu mungkin punya pandangan lain mengenai hal ini.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum mengirimkan email penting ke rekan kerja dan kawan-kawanmu. Lakukan langkah-langkah cara mengirim email sebagai urgent di Gmail ini bila kamu ingin mendapat balasan yang cepat sesuai dengan harapanmu.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>
Berkomentarlah sesuai pembahasan artikel, jika ada waktu luang, kami akan menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Alasan kenapa pertanyaan kamu tidak tampil dan tidak terjawab:

1. Komentar di blog ini dimoderasi, jadi butuh persetujuan admin terlebih dahulu untuk diterbitkan.

2. Admin lagi sibuk dan tidak sempat untuk cek komentar.

3. Pertanyaan kamu tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel, jadi sekali lagi tanyalah sesuai tempatnya.

4. Pertanyaan yang diajukan sudah dibahas dan ditanyakan berulang-ulang di blog ini.

5. Admin tidak tau jawaban atau solusi dari pertanyaan kamu.

6. Kamu tidak menampilkan nama asli kamu (Unknown).

Tidak semua pertanyaan kami jawab. Jadi harap dimaklumi ya. Terima kasih.