-->

Cara Mengirim Email sebagai Attachment (Lampiran) di Gmail

Mengirim email sebagai lampiran ke dalam email lain di Gmail relatif mudah, seperti mengirim email biasa. Begini caranya!

Google telah meluncurkan fitur pengiriman email sebagai lampiran ke seluruh dunia. Bagi yang sudah bisa menggunakannya, opsi "Forward as Attachment" akan muncul di ikon seperti tiga titik vertikal di atas tampilan situs Gmail.

Gmail ditambahkan fitur "email in email" bertujuan untuk mempermudah pembahasan suatu topik melalui email. Daripada mengirim beberapa email yang terkait dengan satu topik secara terpisah, lebih mudah untuk menyertakan serangkaian email sebagai lampiran.

Fungsi ini bermanfaat ketika kamu perlu mengirim beberapa email ke satu penerima. Daripada harus meneruskan email satu per satu, cukup kirim seluruh email sebagai lampiran (attachment).

Cara Mengirim Email sebagai Attachment Lampiran di Gmail

Cara mengirim email sebagai attachment di Gmail

Caranya mudah simpel dengan membuka kotak masuk di situs Gmail, klik-tahan atau drag, lalu jatuhkan email yang kamu pilih untuk dilampirkan ke jendela pembuatan email yang terbuka.

Tetapi perhatikan bahwa fitur ini tidak tersedia di versi seluler aplikasi Gmail dan browser seluler. Meskipun kamu dapat menggunakan fitur ini dengan baik melalui web, jika kamu mencoba membukanya melalui smartphone, teks yang ditampilkan acak dan tidak terbaca sama sekali.

Faktanya mengirim email sebagai lampiran relatif mudah, seperti mengirim email biasa. Coba perhatikan langkah-langkah di bawah ini:

Cara 1 (Singkat):

1. Buka web browser di laptop atau PC kamu dan login ke akun Gmail kamu seperti biasa.

2. Kemudian, tandai email yang ingin kamu kirim sebagai lampiran. Kamu dapat memilih satu atau beberapa email.

3. Setelah itu, klik ikon dengan tiga titik vertikal di bagian atas tampilan email.

4. Pada menu, pilih "Teruskan sebagai Lampiran" atau "Forward as Attachment."

5. Jendela pesan baru akan muncul dengan email yang dipilih sebagai lampiran dengan ekstensi file EML.

6. Email tersebut akan dikirim sebagai lampiran ke penerima.

Cara 2:

1. Masuk ke akun Gmail kamu, buat email baru menggunakan tombol "+Compose" dan pilih email yang ingin kamu teruskan untuk dikirim sebagai lampiran atau kamu dapat mencentang beberapa email sekaligus.

2. Drag dan jatuhkan email yang dipilih dan letakkan di bagian body penulisan Gmail.

3. Email yang dipilih sekarang akan muncul sebagai lampiran di jendela penulisan. Tampilannya sama seperti saat kamu melampirkan file ke email. Atau, jika kamu tidak terbiasa dengan cara drag and drop, kamu dapat memeriksa beberapa email dan klik kanan dan pilih "Teruskan sebagai Lampiran," atau klik ikon tiga titik vertikal di bagian atas untuk membuka menu "Forward as Attachment".

4. Isi badan email sebelum kamu mengirimkannya.

5. Jangan lupa untuk memasukkan penerima email sebelum menekan tombol kirim.

6. Sekarang kamu dapat mengirim email dengan mengklik tombol Kirim.

Cara meneruskan banyak email sebagai attachment di Gmail?

Mungkin sebagian dari kamu masih bingung mengenai cara melampirkan banyak email sekaligus ke satu kiriman email. Maka kami putuskan untuk membuat penjelasan tersendiri untuk hal ini walaupun intinya sama seperti di atas.

Jika kamu ingin meneruskan beberapa email ke salah satu kontakmu satu per satu, ini akan sangat rumit dan memakan waktu. Akan lebih mudah jika kamu dapat mengirim beberapa email dalam satu lampiran.

Untuk mengatasi hal tersebut, Gmail akhirnya merilis fitur "forward email as attachment" untuk memudahkan pengguna dalam mengirim beberapa email dalam satu kiriman email.

Cara Melampirkan Banyak Email sebagai Attachment di Gmail

Kami menganggap metode ini cukup bagus karena dapat menghemat banyak waktu kamu. Untuk lebih jelasnya, lihat cara cepat di bawah ini:

  1. Buka Gmail melalui browser web yang didukung.
  2. Pilih dan tandai beberapa email yang ingin kamu lampirkan.
  3. Selanjutnya, klik ikon dengan tiga titik vertikal di bagian atas email.
  4. Pilih "Teruskan sebagai Lampiran" atau "Forward as attachment" pada menu.
  5. Tunggu hingga email terlampir berhasil terunggah.

Jika email yang kamu lampirkan lebih dari 25MB, Google Drive kamu adalah tujuan pengunggahan dan hosting lampirannya.

Baca juga: Cara Menandai dan Mengirim Email sebagai Urgent di Gmail.

Cara menjawab dengan melampirkan email attachment di Gmail

Selain mengirim email sebagai lampiran, kamu mungkin perlu membalas email dengan melampirkan email lain ke Balasan kamu. Melakukannya juga cukup simpel dan mudah. Berikut cara melakukannya dengan cepat:

1. Buka email yang ingin kamu balas, klik Reply.

2. Lihat di kanan atas email kamu, lalu klik ikon Pop-up.

3. Kemudian seleksi dan pilih email yang ingin kamu lampirkan dari kotak masukmu.

4. Drag dan jatuhkan email yang ingin kamu lampirkan ke pesan balasan kamu.

5. Terakhir, kamu dapat mengklik tombol Kirim (Send), dan itu akan mengirim balasan email dengan lampiran email.

Mengapa tidak dapat mengirim lampiran di Gmail?

Pertama, pastikan kamu menggunakan browser web yang didukung. Jika tidak, coba tambahkan lampiran lewat browser lain. Jika kamu memiliki proxy browser web yang dikonfigurasi, cobalah menonaktifkannya.

Provider email menetapkan batasan ukuran dan jenis lampiran yang dapat kamu kirim. Alasan paling umum kamu tidak dapat mengirim lampiran adalah karena ukuran file terlalu besar dan akun Google-mu telah mencapai batas penyimpanannya.

Sementara satu layanan mengizinkan lampiran hingga 10MB, yang lain mungkin hanya mengizinkan lampiran hingga 1-2MB untuk menghindari email masuk ke folder spam.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.