Wednesday, November 22, 2017

Panduan Hewan Peliharaan di Harvest Moon: Light of Hope

Laman ini merupakan bagian Panduan Bermain Harvest Moon: Light of Hope. Di sini saya akan membahas semua hal yang berkaitan dengan Hewan Peliharaan yang ada di HM LoH.

Sudah tidak asing lagi bahwa Memelihara Hewan adalah sebuah kegiatan yang pasti ada dalam setiap seri Harvest Moon. Begitu juga di Light of Hope.

Nah, saya sudah sering sekali menerima pertanyaan terkait cara mendapatkan hewan ini dan itu, serta cara cepat meningkatkan not/love-nya. Oleh karena itu, artikel ini saya buat khusus untuk kamu yang sedang mengalami masalah tersebut.

Panduan Memelihara Hewan peliharaan di Harvest Moon Light of Hope

Cara Mendapatkan Anjing, Kuda, dan Hewan lainnya di Harvest Moon: Light of Hope

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memperbaiki jembatan yang terletak di sebelah kanan bawah area gunung setelah mendapatkan palu. Di sana kamu akan mendapati sebuah rumah yang harus kamu perbaiki bernama Sofia's Livestock. Sebut saja mawar, eh rumah Sofia.

Setelah kamu memperbaiki rumah Sofia, keesokan harinya akan ada sebuah event yang terjadi. Sofia, kedua putranya Gabriel dan Michael, serta anjing mereka Max akan berkunjung. Mereka membutuhkan waktu satu hari untuk menetap dan yah siap siap jualan gitu deh.

Besoknya lagi akan ada sebuah event yang terjadi di mana Gabriel dan Max akan sedikit berbicara tentang memelihara dan membesarkan ternak. Setelah event ini, kamu bisa membeli hewan peliharaan di Sofia.

Untuk membeli hewan, sebelumnya kamu juga harus memperbaiki kandang ayam dan kandang hewan lainnya yang berada di belakang rumahmu. Saat membeli hewan, Sofia akan menjelaskan dasar memelihara hewan dan memberimu alat-alat untuk mengurus ternak, contoh: Brush, Pitchfork, Milker, dan Clipper.

Adapun hewan peliharaan yang dijual adalah sebagai berikut:
  • Ayam, harga: 3000 G, produk: telur
  • Sapi, harga: 7000 G, produk: susu
  • Domba, harga: 10000 G, produk: wool
  • Keledai Poitou, harga: 20000 G, produk: donkey fur
  • Anjing, harga: 7000 G
  • Kuda, harga: 20000 G
  • Candy Animal (setelah jalan cerita utama selesai).

Semua hewan di atas akan kamu beli dalam kondisi masih bayi, kecuali kuda. Jadi butuh beberapa hari untuk membuat mereka tumbuh dewasa dan akhirnya menghasilkan produk (jika memang bisa).

Oh ya, jangan kaget kalau Anjing dan Kuda tidak ada dalam daftar hewan yang dijual di Sofia karena memang awalnya seperti itu.

Anjing akan dijual jika kamu sudah memasang Stone Tablet ketiga dan membuka area pantai, sedangkan kuda akan tersedia saat akhir musim spring tiba (kalau tidak salah).

Jadi langkah-langkah singkat yang harus kamu lakukan untuk memelihara hewan adalah sebagai berikut:

1. Memperbaiki jembatan di gunung
Material: 5 Softwood Lumber, 2 Stone
Harga: 600 G

2. Memperbaiki Sofia's Livestock
Material: 3 Softwood Lumber, 10 Stone
Harga: 300 G

3. Memperbaiki Barn
Material: 30 Softwood, 10 Material Stone
Harga: 1500 G

4. Memperbaiki Kandang ayam
Material: 20 Softwood Lumber, 7 Material Stpne
Harga: 1000 G

Cara Mendapatkan Bobcat di Harvest Moon: Light of Hope

Bobcat atau kucing liar adalah satu-satunya hewan yang tidak bisa kamu beli. Namun kamu bisa memeliharanya jika kamu sudah mengupgrade rumah untuk pertama kalinya di Doc.

Dibutuhkan uang sebanyak 85000 G dan beberapa material berupa 40 Hardwood Lumber, 5 Mithril, dan 10 Glass untuk upgrade rumah ini.

Selanjutnya kamu hanya harus datang setiap hari ke area pegunungan untuk mengelus Bobcat. Jika sebelumnya upgrade rumah kamu sudah melakukan itu dan cukup berteman dengan Bobcat, kamu bisa langsung memeliharanya.

Cara Cepat Meningkatkan Hati/Not Kuda, Anjing, dan Hewan Lainnya di HM LoH

Jika kamu ingin mendapatkan produk hewan dengan kualitas yang lebih baik, misalnya Great Wool, Great Egg, dll, tentu kamu harus meningkatkan pertemanan dengan hewanmu.

Saya sendiri tidak tau apakah trik meningkatkan not/hati hewan peliharaan dalam 8 menit di HM SoM bisa digunakan dalam game ini. Karena saya belum mencobanya secara langsung. Oleh karena itu, pakai cara manual dulu saja ya sob.

Kamu harus memberi makan, mengelus, mengangkat, dan menyikat hewan peliharaanmu jika kotor setiap hari. Selain itu, kandang juga harus bersih dari kotoran ternak.

Tanamlah banyak rumput dan keluarkan hewan peliharaan kamu saat hari cerah, tidak hujan. Kemudian masukkan saat hari mulai malam. Jangan dibiarkan di luar.

Makanan hewan yang kamu berikan juga sangat berpengaruh dalam meningkatkan not hewan, pemberian Delicious Animals Feed tentu akan menambah tingkat pertemanan lebih cepat daripada Great Animals Feed atau Animals Feed.

Jika kamu ingin melihat kondisi hewan peliharaanmu, klik saja sebuah notebook yang terletak di dekat pintu masuk kandang. Dari situ kamu bisa melihat jumlah not, apakah hewan tersebut lapar, kotor, atau sakit.

Cara Mendapatkan Pakan Ternak (Delicious Animals Feed) di Harvest Moon: Light of Hope

Selain membeli pakan ternak di Sofia seharga 30 G. Kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan kualitas yang lebih baik dengan bantuan Windmill (kincir angin) yang terletak di samping barn atau puncak gunung.

Tapi kamu harus memperbaiki Windmill itu terlebih dahulu untuk membuatnya bekerja kembali. Adapun material untuk memperbaikinya adalah 20 Softwood Lumber, 2 Iron, dan uang sebesar 1000 G.

Nanti akan ada misi di mana kamu diharuskan untuk membuat Delicious Animals Feed (bicaralah dengan Gabriel untuk mendapatkan resepnya) untuk menarik perhatian dan menemukan Bluebird yang merupakan jelmaan Harvest Goddess.

Setelah itu kamu bisa membuat Delicious Animals Feed dari campuran 2 tepung (Flour) dan 2 Strawberry melalui Windmill.

Itulah Panduan Memelihara Hewan di Harvest Moon: Light of Hope. Jika ada suatu pertanyaan terkait artikel ini, jangan sungkan untuk bertanya. Semoga bermanfaat...

Baca juga: Panduan Menambang di Harvest Moon: Light of Hope

20 komentar:

  1. gan ayam saya lapar. bagaimana cara kasih makannya? saya sudah letakkan animal feed. tapi kok dia masih lapar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasih makan aja seperti biasa pakai animal feed, nanti dia makan-makan sendiri. Emang makannya lama dan jangan dilihatin terus.

      Delete
    2. Sama gan awalnya ane juga kira kok laper trus ini ayal, kambing sama sapi padahal di tempat makanannya dah ada makanan. Tricknya simple jangan dilihatin misal pagi ngasih makan tinggalin aja siang baru samperin, di perah susunya/ambil wool/telornya. Begitu klo ane sih :3

      Delete
    3. ^ Nah sip gan, emang gitu yang bener, haha.

      Delete
  2. gan biar besar hewannya nunggu berapa hari??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya lupa nyatet brapa harinya. Kurang lebih 10 atau 14 hari kali ya. Ya pokoknya ditunggu sampai dewasa aja sob, hehe.

      Delete
  3. netesin telur ayam gimana dah wkowkowko

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buset dah, tinggal taruh telur ayam di tempat netesin pojok kanan kandang.

      Delete
  4. Ralat min, Saya pas di spring tahun pertama bisa kok pelihara Anjing ama Kudanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anjing memang bisa Spring, kuda yg saya emang rada bingung soalnya waktu itu saya pas summer. Jadi syaratnya harus beli semua hewan, misal anjing atau apa? Merhatiin nggak?

      Delete
    2. Sepertinya kalau kuda di akhir musim spring udah tersedia..

      Delete
  5. Gan, kuda belinya ada waktunya atau menyelesaikan misi tertentu? karena ga tersedia di sofia, tapi anjing udah beli

    ReplyDelete
  6. gan, kok saya brush sapi ga bisa ya? bisanya cuman di elus doang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sikatnya hanya bisa pas hewanmu kotor. Kalau nggak ya di elus aja.

      Delete
  7. Cara ngeluarin hewan gimana ya min? Pencet tombol apa?

    ReplyDelete
  8. cara dapetin great wool gimana sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung sekarang not musik hewan mu brapa. Kalau semisal masih di bawah 4 not musik ya kamu harus kasih makanan Great / Delicious animal feed. Kalau semisal udah di atas 4, ya kasih aja animal feed. Hasilnya random jadi emang butuh kesabaran. Saran saya jangan cuma pelihara 1 Domba.

      Delete
  9. Min cara bikin pager yg dari lumber di sekitar kebun kita bisa ga sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naikin pertemanan dengan Doc ntar dia nyediain pager/fence itu.

      Delete

Terima kasih telah membaca artikel ini. Berkomentarlah sesuai pembahasan artikel, jika ada waktu luang, kami akan menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Alasan kenapa pertanyaan kamu tidak tampil dan tidak terjawab:

1. Komentar di blog ini dimoderasi, jadi butuh persetujuan admin terlebih dahulu untuk dipublish.

2. Admin lagi sibuk dan tidak sempat untuk cek komentar.

3. Pertanyaan kamu tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel, jadi sekali lagi tanyalah sesuai tempatnya.

4. Pertanyaan yang diajukan sudah dibahas dan ditanyakan berulang-ulang di blog ini.

5. Admin tidak tau jawaban atau solusi dari pertanyaan kamu.

6. Kamu tidak menampilkan nama asli kamu (Unknown).

Tidak semua pertanyaan kami jawab. Jadi harap dimaklumi ya. Terima kasih.