Tuesday, April 28, 2020

Emulator Terbaik untuk Bermain Harvest Moon: A Wonderful Life Tanpa Lag

Artikel ini adalah salah satu "break down" lanjutan dari Panduan Harvest Moon: A Wonderful Life. Silakan klik tautan tersebut untuk membaca panduan lain yang lebih lengkap.

Seperti yang mungkin kalian semua sudah tahu, A Wonderful Life adalah salah satu seri Harvest Moon terbaik pada masanya. Maka tidak mengherankan jika masih banyak orang ingin sekali memainkannya kembali.

Emulator Terbaik untuk Bermain Harvest Moon: A Wonderful Life Tanpa Lag

Masalahnya adalah mereka tidak mempunyai konsol untuk bermain HM:AWL meski telah dirilis di PS2, PS3, dan PS4. Saya juga dulu main game ini bela-belain datang ke rental PS pagi-pagi. Namun, seiring berkembangnya zaman, ada jalan pintasnya, yakni bermain menggunakan emulator.

Saya tidak bilang ini dibenarkan, tapi ya gimana lagi. Satu sisi kita kasihan sama pengembangnya tapi di sisi lain kasian juga sama mereka yang pengen nostalgia. Jadi saya mau bilang, jangan lupa dukung pengembangnya kalo mereka merilis seri game terbarunya.

Oke lanjut. Saya yakin kalian semua banyak yang sudah punya laptop, PC, atau ponsel pintar. Tapi kalian masih bingung, apa emulator untuk bermain HM: AWL tanpa lag? Ada nggak sih? Jadi, saya kali ini akan membahas hal tersebut.

Emulator Untuk Bermain Harvest Moon: A Wonderful Life Anti Lag

HM: AWL adalah salah satu game Harvest Moon yang berat. Ukuran file-nya mencapai 1 GB lebih. Setidaknya, untuk saat ini, ada 4 emulator yang bisa menjalankan game ini, yaitu PCSX2, Dolphin, Play!, dan DamonPS2 Pro.

Sejujurnya, bukan hanya faktor dari keempat emulator ini yang membuatmu bisa bermain HM: AWL tanpa lag, tapi juga spesifikasi PC, laptop, atau ponsel pintar yang kamu gunakan. Pengaturan emulatornya sedikit banyak juga mempengaruhi kinerjanya.

Berikut adalah ulasan singkat saya setelah mencoba mereka semua.

1. PCSX2

PCSX2 bisa digunakan untuk bermain HM AWL SE di PC/laptop. Menurut saya, kinerjanya sudah cukup lancar jika setingan benar. Jika kamu mengalami masalah lag saat bermain Harvest Moon: A Wonderful Life SE menggunakan emulator ini, silahkan baca tips: Cara Setting PCSX2 Untuk Bermain Harvest Moon: A Wonderful Life SE.

2. Dolphin Emulator

Dolphin Emu bisa digunakan untuk bermain HM AWL GC di PC, Laptop, bahkan Android. Kabar gembiranya, emulator ini sudah jauh lebih stabil termasuk untuk versi Android-nya. Jadi saya sangat menyarankan kamu untuk mencobanya. Apalagi jika HP yang kamu gunakan mempunyai spesifikasi yang mumpuni.
Emulator Terbaik untuk Bermain Harvest Moon: A Wonderful Life Anti Lag


3. DamonPS2 Pro

DamonPS2 Pro adalah emulator game PS2 berbayar yang bisa digunakan untuk bermain HM: AWL SE di Android. Punya potensi, hanya saja, emu ini pengembangannya tidak begitu jelas dan terindikasi penipu seperti yang pernah saya bahas di tulisan PCSX2 vs. DamonPS2 Pro. Jadi, saya tidak merekomendasikannya.

4. Play!

Play! adalah emulator game PS2 yang bisa digunakan untuk Bermain HM: AWL SE di Android. Sayang sekali, emulator ini masih sangat jauh dari kata sempurna dan pengembangannya lambat sekali. Jadi, saya juga sangat tidak merekomendasikannya.

Kesimpulan

Setelah saya mencoba semuanya, Dolphin adalah Emulator yang paling baik digunakan untuk bermain Harvest Moon: A Wonderful (GC) tanpa lag untuk saat ini. Baik itu di PC, Laptop, atau Ponsel Android.

Saya mencoba kinerja emulator ini pada ponsel Samsung Galaxy A50 cukup lancar! Tidak ada gangguan yang berarti. Mungkin dengan sedikit otak-atik setingan yang cocok, ini bisa jadi lancar banget.

Jadi saya merekomendasikan emulator ini dibanding dengan emu lainnya jika kamu pengen bermain HM:AWL di Android. Kamu juga sudah bisa mendownload-nya dengan mudah di Play Store secara gratis!

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai pembahasan artikel, jika ada waktu luang, kami akan menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Alasan kenapa pertanyaan kamu tidak tampil dan tidak terjawab:

1. Komentar di blog ini dimoderasi, jadi butuh persetujuan admin terlebih dahulu untuk diterbitkan.

2. Admin lagi sibuk dan tidak sempat untuk cek komentar.

3. Pertanyaan kamu tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel, jadi sekali lagi tanyalah sesuai tempatnya.

4. Pertanyaan yang diajukan sudah dibahas dan ditanyakan berulang-ulang di blog ini.

5. Admin tidak tau jawaban atau solusi dari pertanyaan kamu.

6. Kamu tidak menampilkan nama asli kamu (Unknown).

Tidak semua pertanyaan kami jawab. Jadi harap dimaklumi ya. Terima kasih.