Wednesday, June 3, 2020

Arti 'Damage' atau 'Demage' dalam Bahasa Gaul

Pernah nggak sih kalian melihat banyak sekali komenan "damagenya nggak ngotak", "damagenya nggak nahan" dan sejenisnya di media sosial terutama Instagram, Twitter, dan TikTok? Apaan sih maksudnya? Kok kayak nggak nyambung gitu ya. Oleh karenanya, saya tertarik untuk membahasanya kali ini.

Kata ini mulanya banyak ditemukan dalam game, diperjelas dengan angka, tapi makin ke sini semakin marak digunakan sebagai kata ganti candaan oleh warganet di media sosial. Kata ini juga sering kali muncul dalam meme perang sarung.

Arti 'Damage' atau 'Demage' di Media Sosial

"Damage" atau "demage" arti singkatnya itu adalah dampak kerusakan, kesakitan, atau kerugian yang ditimbulkan karena suatu hal seperti serangan secara fisik, mental, langsung maupun tidak langsung kepada seseorang.

Dalam bahasa gaul, kata ini pengartian bisa menjadi lain sesuai dengan konteks penggunaannya. Misalnya ketika seseorang pakai kata "damage-nya" ini untuk mengomentari penolakan seorang cewek kepada cowok yang mengutarakan perasaannya dengan alasan yang menohok seperti "kamu terlalu baik buat akuh!". Kata "damage" dalam hal ini menunjukkan "rasa sakitnya" penolakan tersebut.

Sebagai perumpamaan lain, lihatlah gambar figur wanita-wanita di bawah ini. Mata mereka menatap tajam menusuk hatimu. Mereka sudah tampak seperti wanita yang kuat di dunia nyata. Bagaimana jadinya jika mereka menjadi karakter dalam anime?
Arti 'Damage' atau 'Damage' dalam Bahasa Gaul

Atas: Kim Yo Jong, adiknya Kim Jong Un. Ia dinilai lebih tegas dan kejam daripada kakaknya sebab telah mengeksekusi mati pamannya sendiri sekaligus jendral Korea Utara. Tengah: Natalia Poklonskaya, mantan Jaksa Agung Crimea. Bawah: Leanna Leonardo, mahasiswi cantik lulusan jurusan hukum Universitas Gajah Mada.

"Damage-nya nambah critical!". Komen seorang warganet pada gambar di atas. Kata "damage" di sini artinya kekuatan mereka yang bertambah besar dan bisa memberi dampak misal intimidasi yang lebih kuat dibandingkan versi diri mereka di dunia nyata.

Selain itu, kamu juga akan banyak menemui kata "damage" ini dalam postingan cewek-cowok yang menunjukkan kecantikan, kecakepan, dan keimutannya kepada para penontonnya. Itulah sebabnya juga kata ini kian menjadi populer di media sosial.

Yah pokoknya begitu lah, ada saja kreativitas yang diciptakan oleh warganet setiap harinya. Kadang bikin jengkel, tapi ada juga yang menghibur. Susah memang memahami mereka. Jadi, ambil yang positif-positifnya saja.

Semoga artikel ini bisa mengobati rasa penasaran kalian. Terima kasih sudah membaca.

Catatan: Gambar di atas bukanlah punya saya. Dua gambar anime pertama adalah buatan pcmaniac88 (PeaCH) dan yang terakhir buatan Indra AD (Dracko Diary). Credit sepenuhnya kepada pembuat asli.

Baca juga artikel terkait:

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai pembahasan artikel, jika ada waktu luang, kami akan menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Alasan kenapa pertanyaan kamu tidak tampil dan tidak terjawab:

1. Komentar di blog ini dimoderasi, jadi butuh persetujuan admin terlebih dahulu untuk diterbitkan.

2. Admin lagi sibuk dan tidak sempat untuk cek komentar.

3. Pertanyaan kamu tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel, jadi sekali lagi tanyalah sesuai tempatnya.

4. Pertanyaan yang diajukan sudah dibahas dan ditanyakan berulang-ulang di blog ini.

5. Admin tidak tau jawaban atau solusi dari pertanyaan kamu.

6. Kamu tidak menampilkan nama asli kamu (Unknown).

Tidak semua pertanyaan kami jawab. Jadi harap dimaklumi ya. Terima kasih.