-->

Arti dan Asal Kata 'Solimi' dalam Bahasa Gaul di Media Sosial

Apa itu arti solimi (dzolimi) dalam ucapan "kamu ini berdosa banget", "jangan solimi"? Dari mana asal usulnya? Ini dia jawabannya!
Hari ini kita akan bahas lagi kata aneh yang digunakan oleh warganet untuk berkomunikasi di media sosial. Mereka tiada henti-hentinya menggunakan kata-kata baru yang sulit dipahami oleh orang awam yang pertama kali membacanya.

Fokus saya kali ini adalah maraknya penggunaan kata 'solimi'? Hah, apa itu solimi? Nama makanan atau orang, kah?
Arti dan Asal Kata 'Solimi' dalam Bahasa Gaul di Media Sosial

Yap, benar sekali, pikiran saya awalnya juga tertuju ke situ. Namun ternyata bukan, solimi bukanlah nama makanan atau orang Indonesia yang lagi ramai diperbincangkan di media sosial!

"Lha terus artinya apa? Dari mana sih asal katanya?"

Oke, oleh karenanya itu, saya akan membahasnya pada postingan kali ini. Tidak perlu serius menyimak tulisan ini baik-baik, meskipun kamu penasaran dengan jawabannya. Sebab, hal itu mungkin hanya akan membuatmu kecewa.

Arti Kata 'Solimi' dalam Bahasa Gaul di Media Sosial

Kata 'solimi' sebenarnya adalah plesetan yang lebih "soft" dari kata zalim atau dzolim. Jadi solimi dalam bahasa gaul memiliki arti yang berkorelasi dengan dzolim. Dzolim memiliki arti meletakkan perkara yang bukan pada tempatnya. Bisa melanggar hak orang lain.

Dalam artian yang lebih luas, bisa merujuk pada perbuatan yang kejam, tidak berperikemanusiaan, suka melihat orang menderita, sengsara, dan banyak perbuatan jahat dan tidak adil lainnya.

Asal Usul Kata 'Solimi' dalam Bahasa Gaul

Kata ini asal-usulnya dari video parodi yang diperankan oleh dua orang bocah dalam kanal YouTube GTlosiar. Sebuah kanal YouTube yang dikelola oleh orang Gorontalo.

Kalau dari yang saya lihat, memang kebanyakan video dari kanalnya memparodikan sinetron Indosiar yang suka ditonton emak-emak. Namun ironinya, semua pemerannya adalah anak-anak yang masih di bawah umur.

Jadi dalam video itu, ada dua orang anak perempuan yang sedang ribut dan saling melontarkan kalimat. Bunyi videonya kira-kira begini...

Si A : Ngapain lo berhijab?

Si B: Emangnya kenapa, kalau aku suka tobat kenapa?

Si A: Aduh yaampun! lo itu nggak cocok pakek jilbab!

Si B: Astagfirullahalazim kamu ini berdosa banget.

Si A: Berdosyah!? Gue nggak ada dosa ya, lo itu yang berdosa!

Si B: Kamu jangan solimi!

Si A: Solimi, solimi, soleha.

Kenapa Kata 'Solimi' menjadi Populer di Media Sosial?

Kata itu menjadi populer mulanya dikarenakan pengguna TikTok @Bawangmerah yang menggunggah video parodi dengan "sound" dari adegan video itu, yang aslinya dibawakan oleh anak-anak GTlosiar.

Kemudian banyak pengguna lain yang terinspirasi, mengikuti memparodikannya juga. Mereka ini memparodikan video parodi dengan versi mereka sendiri.

Mulai banyaknya pengguna yang memakai kata 'solimi' ini dibanding kata aslinya di komentar video TikTok juga membuatnya makin membuat orang lain penasaran.

Di media sosial lain seperti Twitter, juga cukup banyak yang menggunakan kata 'solimi' ini untuk merespon tweet atau postingan teman/orang lain. Jadinya ya begitulah, kata itu menjadi kian populer di media sosial.

Ada yang menganggap parodi ini terlihat "cringe", tapi ada juga orang yang sepertinya terhibur. Apapun itu ya, cuma sebaiknya, kata 'solimi' ini tidak dipergunakan dengan salah di luar konteksnya.

Disalahgunakan untuk melabeli orang yang sebenarnya tidak jahat. Karena artinya bisa lebih parah dari kata anjay. Semoga gue juga nggak dianggap sebagai reinkarnasi Lutfi Agizal dan ditangkap polisi hanya gegara ngomong begini. Lol

Begitulah kiranya arti dan asal kata 'solimi' dalam bahasa gaul di media sosial. Aku harap penjelasan ini bisa sedikit memberi pencerahan atas rasa penasaran kamu. Terima kasih sudah membaca.

Baca juga: Arti 'Semongko' dalam Bahasa Gaul di Media Sosial

Anda mungkin menyukai postingan ini

Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.