-->

Cara Kirim Email ke Banyak Penerima Tanpa Diketahui Satu Sama Lain di Gmail dan Outlook

Inilah cara mengirim email ke banyak penerima tanpa alamatnya diketahui satu sama lain di Gmail dan Outlook

Kamu pasti pernah mengirim pesan email ke banyak penerima sekaligus, terutama jika kamu seorang pelajar atau pekerja. Namun, pernahkah kamu penasaran mengenai bagaimana cara mengirim email yang sama ke banyak alamat tanpa diketahui satu sama lain di Gmail atau Microsoft Outlook?

Tentunya kamu harus meluangkan lebih banyak waktu untuk memastikan bahwa email mencapai semua alamat email tujuan satu per satu. Untuk menghemat banyak waktu, sebaiknya gunakan metode yang dijelaskan pada artikel ini.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengirim pesan email massal ini. Kamu dapat menggunakan metode manual dan juga menggunakan Google contact.

Saat mengirim email ke beberapa penerima, kamu mungkin juga tidak ingin mengekspos alamat email orang lain ke penerima lain. Jika mereka tidak saling mengenal, hindari hal ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara Kirim Email ke Banyak Alamat Tanpa Diketahui Satu Sama Lain di Gmail dan Outlook

Pertanyaannya sekarang, apakah mungkin untuk mengirim email ke banyak orang tanpa mereka mengetahui satu sama lain? Ya, tentu saja! Itu ternyata dapat dilakukan dengan relatif mudah.

Sebelum masuk ke pembahasan utama, kamu perlu memahami cara mengirim email ke banyak penerima sekaligus. Simak penjelasan berikut agar kamu tidak mengalami kesulitan lagi di kemudian hari.

Outlook: Cara Mengirim Email yang Sama ke Banyak Penerima Secara Terpisah

Jika kamu ingin mengirim email ke beberapa penerima menggunakan Outlook, kamu dapat memanfaatkan fitur Microsoft's Mail Merge. Mail Merge adalah fitur populer Microsoft Outlook.

Mail Merge memiliki beberapa fitur. Kamu dapat memasukkan file (unik) yang berbeda dari Google Drive untuk setiap penerima, email yang mungkin ditulis dalam format teks biasa atau HTML Teks Kaya, dan akan terlihat jika penerima telah membuka pesan email kamu.

Kamu juga dapat menjadwalkan penggabungan dan mengirim email sesuai dengan tanggal dan waktu yang dijadwalkan. Cara menggunakan fitur ini cukup sederhana, seperti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Klik Contact (Kontak) dan pilih alamat email yang ingin kamu kirimi email
  2. Klik Home (Beranda) dan pilih Mail Merge
  3. Pilih Only Selected Contacts (Hanya Kontak Terpilih)
  4. Pada jenis dokumen, pilih bentuk surat, Merge to Email (Gabungkan ke Email) dan masukkan subjek yang kamu inginkan
  5. Dengan cara ini, kamu dapat mengirim email yang sama ke banyak alamat sekaligus

Tetapi kamu juga dapat mengirim email yang sama ke beberapa penerima dengan cara manual yang sederhana. Kamu dapat menggunakan CC atau Carbon copy (salinan karbon) untuk mengirim email ke lebih dari satu penerima.

Gmail: Cara Mengirim Email yang Sama ke Banyak Penerima Secara Terpisah

Mengirim email ke banyak penerima menggunakan Gmail cukup sederhana. Kamu dapat melakukannya secara manual dan juga dengan menggunakan kontak Google.

Jika penerima tidak lebih dari 20 orang, masih memungkinkan untuk memasukkan alamat email secara manual. Kamu dapat melakukan cara manual dengan langkah-langkah dasar seperti di bawah ini:

1. Buka Gmail melalui browser web atau aplikasi di ponsel pintarmu
2. Masukkan subjek yang kamu inginkan
3. Ketik sesuatu di badan email dan lampirkan lampiran (jika ada)
4. Kemudian, di kolom penerima, silakan masukkan alamat email yang akan menerima email yang sama secara manual
5. Klik Send, maka akan dikirimkan ke semua alamat yang telah kamu masukkan.

Selain itu, ada cara lain yang bisa kamu gunakan jika email dikirim ke puluhan alamat email. Kamu dapat menggunakan Google contact dengan langkah-langkah berikut:

1. Buka contacts.google.com
2. Klik Create label (Buat label), gunakan nama label yang mudah diingat
3. Kemudian buat kontak
4. Silakan isi sesuai dengan kontak email yang telah kamu sediakan. Jika sudah, klik “Save (Simpan)” untuk menyimpan Kontak yang telah kamu buat.

5. Setelah kamu mengklik “Simpan”, halaman informasi akan muncul terkait detail kontak yang kamu tambahkan sebelumnya.

6. Saat mengirim email, masukkan nama label di kolom penerima, maka semua kontak di label itu akan menjadi penerima email.

Cara Mengirim Email ke Banyak Penerima Tanpa Alamatnya Diketahui Satu Sama Lain

Biasanya ketika kita mengirim email ke banyak orang, kita memasukkan semua alamat email yang ingin kita tuju di kolom Cc (Carbon Copy). Beberapa orang memasukkan alamat email ini di kolom 'To (Kepada)'.

Jika beberapa orang yang kamu kirimi email tidak saling mengenal, kami tidak menyarankan menggunakan Cc. Itu karena beberapa orang mungkin tidak suka ketika orang lain mengetahui alamat email mereka tanpa izin mereka.

Di sinilah fungsi Bcc (Blind Carbon Copy) dalam email. Saat kita memasukkan alamat email di kolom Bcc, sistem akan menginstruksikan server email untuk mengembunyikan alamat email yang dimaksud sebelum mengirimnya secara massal.

Dengan begitu, penerima email tidak akan tahu siapa saja yang kita kirimkan email yang sama ke beberapa orang. Keuntungan menggunakan Bcc (Blind Carbon Copy) adalah:

  1. Penerima tidak akan mengetahui alamat email satu sama lain
  2. Ini menjaga privasi setiap penerima
  3. Pengirim hanya menerima balasan
  4. Mengurangi risiko konflik antar penerima
  5. Dianggap lebih etis bagi penerima yang tidak saling mengenal
  6. Fitur Bcc tetap tersedia meskipun mengirim melalui smartphone

Outlook: Cara Mengirim Email ke Banyak Penerima Tanpa Alamatnya Diketahui Satu Sama Lain

Mengirim email ke beberapa penerima lebih baik jika kamu tidak mengekspos email penerima lain. Khawatir kamu dapat melanggar privasi orang lain.

Saat menggunakan Microsoft Outlook, kamu juga dapat mengirim email ke banyak penerima yang dirahasiakan sehingga email penerima tidak terekspos satu sama lain. Cara ini hampir sama dengan menggunakan BCC di Gmail.

Untuk menyembunyikan alamat email penerima, kita bisa memasukkannya ke dalam kotak Bcc. Namun, kolom 'To' atau 'Kepada' juga perlu berisi sebuah alamat email, karena beberapa email filter akan menganggapnya sebagai spam jika dibiarkan kosong.

Itulah beberapa cara mudah yang dapat kamu gunakan untuk mengirim email ke banyak penerima sekaligus tanpa alamatnya diketahui satu sama lain. Gmail dan Outlook. Dengan memahami cara ini, dapat membuatmu dan penerima sama-sama nyaman dalam berkirim pesan email.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>
Berkomentarlah sesuai pembahasan artikel, jika ada waktu luang, kami akan menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Alasan kenapa pertanyaan kamu tidak tampil dan tidak terjawab:

1. Komentar di blog ini dimoderasi, jadi butuh persetujuan admin terlebih dahulu untuk diterbitkan.

2. Admin lagi sibuk dan tidak sempat untuk cek komentar.

3. Pertanyaan kamu tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel, jadi sekali lagi tanyalah sesuai tempatnya.

4. Pertanyaan yang diajukan sudah dibahas dan ditanyakan berulang-ulang di blog ini.

5. Admin tidak tau jawaban atau solusi dari pertanyaan kamu.

6. Kamu tidak menampilkan nama asli kamu (Unknown).

Tidak semua pertanyaan kami jawab. Jadi harap dimaklumi ya. Terima kasih.