-->

Panduan Harvest Moon: A Wonderful Life Terlengkap

Buku panduan lengkap, Tips, Trik, dan Cara bermain HM AWL maupun HM AWL SE di Android, Laptop, dan PC.

Harvest Moon: A Wonderful Life adalah game simulasi pertanian yang dikembangkan oleh Marvelous Interactive Software dan dirilis oleh Natsume. HM AWL merupakan satu-satunya seri Harvest Moon yang memungkinkan karakter bertambah tua setiap tahunnya dan akhirnya mati. Selain itu juga bisa memiliki anak yang bisa tumbuh dewasa dan minatnya berbeda-beda bergantung pada wanita yang kita nikahi.

Di jepang, update terbarunya bernama Oh! A Wonderful Life. Sedangkan versi bahasa inggris pada platform PS2 bernama Harvest Moon: A Wonderful Life Special Edition. Ada beberapa penambahan fitur untuk melengkapi kekurangan dari Harvest Moon: A Wonderful Life sebelumnya.

Lebih jelasnya silahkan baca: Perbedaan Harvest Moon: A Wonderful Life GC dan Harvest Moon: A Wonderful Life SE

Panduan Harvest Moon: A Wonderful Life Terlengkap

Pengenalan

Ayahmu dan Takakura adalah sahabat dekat yang mempunyai mimpi untuk memiliki dan mengembangkan pertanian bersama-sama. Pada akhirnya, mereka mendapati sebuah tempat dikenal dengan sebutan Forget-Me-Not-Valley.

Namun setelah ayahmu meninggal, diputuskan bahwa kamu akan menjadi penerus harapan dari ayahmu. Takakura menjemputmu dari kota dan mengajakmu ke Forget-Me-Not-Valley, kehidupan barumu sebagai petani dimulai dari sini.

Di Harvest Moon: A Wonderful Life, kamu bisa merawat tanaman, hewan, berinteraksi dengan penduduk, menikah, memiliki anak, dan masih banyak lagi yang lainnya. A Wonderful Life merupakan salah satu seri Harvest Moon terbaik yang pernah saya mainkan, terlepas dari banyak omongan yang menganggap seri Harvest Moon ini lambat.

Cara Bermain Harvest Moon: A Wonderful Life

Kamu bisa memainkannya pada Platform GameCube, PS2, PS3, atau PS4 (Baca: Dua Seri Harvest Moon Akan Rilis di PS4). Jika kamu punya uang lebih, saya sarankan kamu membeli game-nya untuk mendukung sang Developer.

Tapi, jika kamu ingin memainkannya secara gratis, kamu bisa menggunakan Emulator. Berikut adalah beberapa Emulator yang bisa kamu gunakan:

1. PCSX 2

PCSX2 bisa kamu gunakan untuk memainkan HM AWL SE di PC/laptop. Jika kamu mengalami masalah lag saat bermain Harvest Moon: A Wonderful Life SE menggunakan emulator PCSX2, silahkan baca: Cara Setting PCSX2 Untuk Bermain Harvest Moon: A Wonderful Life SE.

2. Emulator Dolphin

Emulator Dolphin bisa digunakan ntuk Bermain HM AWL GC di PC, Laptop, bahkan Android. Sayangnya emulator tersebut belum sepenuhnya stabil untuk versi androidnya. Jadi saya tidak menyarankan kamu menggunakan emulator tersebut (untuk saat ini). Apalagi jika HP yang kamu gunakan tidak mempunyai spesifikasi tinggi.

3. Play!

Play! merupakan emulator game PS2 yang bisa digunakan untuk Bermain HM AWL SE di android. Meskipun begitu, emulator ini masih sangat jauh dari sempurna, berbeda dengan dua emulator diatas.

Untuk mendapatkan semua Emulator diatas, kamu tinggal download di website resmi mereka. Sedangkan untuk file game dari masing-masing emulator, bisa kamu dapatkan di Emuparadise.com, Coolrom.com atau situs lain.

Jika kalian ingin saya membahas step by step tutorial, mungkin akan saya jelaskan pada postingan yang berbeda. Baca juga penjelasan terbarunya: Emulator Terbaik untuk Bermain Harvest Moon: A Wonderful Life Tanpa Lag

Menikah di HM AWL

Menikah adalah misi utamamu di tahun pertama. Kamu bisa menikah jika salah satu dari 4 calon wanita sudah memiliki 4 hati berwarna merah. Tapi, kamu tidak akan menikah sampai akhir tahun pertama meskipun kamu sudah melamarnya.

Jika dalam tahun itu (Chapter 1: Marriage) kamu tidak melamar-lamar, salah satu wanita yang paling menyukai akan datang menemuimu pada tanggal 10 musim Winter.

Dia akan mengungkapkan perasaannya kepadamu dan menanyai perasaanmu kepadanya seperti apa. Jadi, jawaban darimu saat ini terjadi sangat menentukan kelanjutan permainan. Jika kamu menerima perasaannya, kamu akan menikah dengannya.

Tapi jika kamu menolak perasaannya terhadapmu, kamu akan meninggalkan desa dan permainan akan berakhir (Game Over). Permainan akan dikembalikan ke main menu dan kamu tidak bisa melakukan apa-apa akan hal itu.

Untuk membuat wanita jatuh cinta kepadamu, kamu harus memberi hadiah kesukaan dan berbicara dengan mereka setiap hari. Akan ada 4 sampai 6 cutscene setiap hati mereka naik dan kamu diharuskan untuk memberikan respon yang bagus saat itu terjadi.

Untuk melamar mereka, tentunya dibutuhkan Blue Feather yang nantinya akan kamu dapatkan saat musim Summer dari kurcaci. Setelah kamu melamar mereka, pernikahan akan berlangsung saat tanggal 10 musim Winter.

Wanita yang Bisa Dinikahi

Ada 3 wanita yang bisa kamu nikahi di Harvest Moon: A Wonderful Life yaitu CeliaMuffy, dan Nami. Sedangkan untuk A Wonderful Life Spesial Edition ketambahan kamu bisa menikahi Lumina.

Dari kiri ke kanan: Nami, Celia, Muffy, Lumina (dewasa)

Setiap wanita mempunyai Diary, dimana kamu bisa melihat jumlah hati mereka sudah berapa. Untuk lebih jelasnya, saya jelaskan satu per satu mengenai keempat wanita diatas:

1. Celia

Dia adalah wanita yang bekerja dan tinggal di pertanian Vesta. Kamu akan banyak menemuinya disana saat ingin membeli pupuk atau bibit untuk kebunmu. Celia juga ahli dalam berkebun sama seperti mu.

Saat tidak bekerja, dia biasa berjalan-jalan di hutan dekat rumah kurcaci. Biasa, dia juga jalan-jalan di sekitar desa dan Villa.

Ulang tahun: 26 Spring
Letak Diary: Kasur kamarnya di lantai 2
Hadiah kesukaan: Bunga, Sayuran, Susu, Telur, Koin, Moon Ore
Tidak suka: Fosil, Ketika kamu menunjukkan Blue Feather yang bukan untuknya.

2. Muffy

Dia adalah wanita yang bekerja di Blue Bar bersama Griffin. Hari-harinya banyak dihabiskan untuk bekerja, jadi untuk mencarinya tidak lah sulit, cukup kunjungi saja Blue Bar. Saat tidak bekerja, kamu akan melihatnya berjalan-jalan disekitar desa.

Muffy adalah wanita yang umurnya paling tua dan paling mudah dinikahi daripada wanita lainnya. Saat pertama kali berkenalan saja, dia sudah mulai suka kepadamu.

Ulang tahun: 5 Summer
Letak Diary: Karangan bunga yang terletak di dalam bar
Hadiah kesukaan: Bunga, Koin, Kristal, Susu, Masakan kecuali masakan ikan, Moon Ore
Tidak suka: Ikan, Fosil

3. Nami

Dia adalah seorang pendatang di Forget-Me-Not-Valley yang tinggal di penginapan milik Tim dan Ruby. Nami adalah wanita yang paling sulit ditaklukan hatinya dibanding wanita lainnya. Mungkin karena sifatnya yang dingin dan tomboi. Jadi, kamu mungkin membutuhkan kesabaran jika ingin menikahinya.

Ulang tahun: 24 Fall
Letak Diary: Meja kamarnya (lantai 2 penginapan ruangan sebelah kiri tangga).
Hadiah kesukaan: Bunga Trick Blue, Bunga Gemsoil, Fosil, Patung, Koin, Susu, Hasil panen kualitas tinggi
Tidak suka: Bunga selain Trick Blue dan Gemsoil, Ikan, Ore

4. Lumina (SE)

Dia adalah cucu dari Romanna. Dia tinggal bersama neneknya Romanna dan Sebastian di Villa. Dia sangat suka melukis dan bermain Piano. Saat mampir ke Villa, mungkin kamu akan sering melihatnya bermain Piano.

Lumina bisa kamu temui di Villa karena kebanyakan hari-harinya dia habiskan disana. Tapi, kadang kamu akan melihatnya jalan-jalan disekitar desa.

Di HM AWL GC, Lumina tidak bisa dinikahi karena umurnya yang masih sangat muda (14 tahun). Tapi di HM AWL SE, pemain bisa menikahinya karena umurnya 18 tahun. Itupun umur yang masih terbilang muda.

Jika menikahi Lumina, kamu mempunyai opsi untuk memiliki anak perempuan.

Ulang tahun: 29 Spring
Letak Diary: Kamarnya di lantai 2 (Villa)
Hadiah kesukaan: Bunga, Stroberi, Kue Stroberi, Golden Wool, Kentang Manis, Moon ore
Tidak suka: Ikan, Artifak, Tomat, Pakan ternak

Karakter lain di Harvest Moon: A Wonderful Life

Berikut adalah semua karakter yang ada di HM AWL beserta hadiah kesukaan dan barang yang bisa didapatkan jika berteman dengan mereka:

C

Carter

Dia adalah seorang arkeolog di situs galian Forget-Me-Not-Valley. Dia tinggal di tenda dekat dengan air terjun bersama asistennya Flora. Dia juga karakter yang mengijinkanmu menambang dan kamu bisa membantunya menemukan tablet dan benda bersejarah lainnya.

Cukup bicara saja dengannya jika kamu ingin menambang. Kamu bisa bertemu dengannya disekitar tambang dan biasanya jalan-jalan jika libur bekerja.

Hadiah kesukaan: Masakan, Susu, Batuan berharga, Telur, Melon, Semangka, Keju, Shasimi.
Tidak suka: Masakan gagal

Chris

Dia adalah istri dari Wally dan ibu dari Hugh. Dia bekerja sebagai reporter berita di kota, berangkat setiap pagi dan pulang saat sore hari. Setiap hari libur, dia biasanya menghabiskan waktu dirumah atau berjalan-jalan didesa.

Hadiah kesukaan: Bunga, Apel, Jus buah,
Tidak suka: Kue sayur

Cody

Dia adalah seorang Artis yang tinggal didalam sebuah mini bus dibelakang laboratorum Daryl. Jika kamu berteman dengannya, dia akan memberimu sebuah Lukisan (Painting). Sedangkan di HM AWL SE dia akan memberimu Strange Sickle.

Hadiah kesukaan: Bunga, Kristal, Tulang, Telur
Tidak suka: Curry

D

Daachan

Dia adalah boneka beruang yang bisa dibeli di Van seharga 1200 G di Chapter 3. Tidak diketahui secara pasti peranan dari Daachan ini dalam permainan. Tapi, kamu akan mendapati cutscene dimana boneka ini bergerak saat tengah malam.

Daryl

Dia adalah seorang ilmuan yang tinggal dibelakang Bar. Jika kamu mendekati rumahnya akan terdengar suara listrik yang berisik. Meskipun penampilanya terlihat aneh dan essentrik, akan tetapi dia adalah orang yang pintar. Dia akan memberimu Seeds Maker jika kamu berteman dengannya.

Hadiah kesukaan: Tulang, Koin, Sup, Telur, Telur Emas, Ikan
Tidak suka: Bunga, Susu

F

Flora

Dia adalah asisten Carter. Dialah yang senantiasa membantu Carter untuk mencari benda-benda bersejarah di desa. Dia juga tinggal di tenda dekat air terjun bersama dengan Carter. Menurut Carter, Flora tidak pandai memasak, meskipun begitu dia tetap menyukainya.

Hadiah kesukaan: Masakan, Susu, Keju, Mentega, Ikan
Tidak suka: Bunga, Kebanyakan barang tambang, Hasil panen kualitas rendah.

G

Galen

Dia adalah orang tua yang juga seorang nelayan sekaligus suami dari Nina. Jika kamu berteman dengannya, dia akan memberimu sebuah pancingan untuk memancing.

Saat Chapter 1, Galen dan Nina tinggal di rumah depan Blue Bar. Setelah Nina meninggal (Setelah Chapter 1) dia pindah ke sebuah gubuk di depan pertanian Vesta. Selain itu dia juga sering melamun dan jadi penyendiri. Jadi, saya sarankan kamu berteman dengannya mulai Chapter 1.

Hadiah kesukaan: Ikan, Masakan ikan, Apel, Sayuran kualitas S
Tidak suka: Sayuran selain kualitas S

Grant

Dia adalah seorang pengusaha yang datang ke Forget-Me-Not-Valley pada  Chapter 2 bersama dengan Samantha dan Kate yang merupakan istri dan anak perempuannya. Mereka tinggal di rumah di depan Blue Bar yang sebelumnya kosong di Chapter 1. Jika berteman dengannya, dia akan memberimu sebuah Jam Alarm.

Hadiah kesukaan: Susu, Susu kambing, Telur, Telur emas, Shasimi
Tidak suka: Bunga, Masakan gagal

Griffin

Dia adalah seorang bartender sekaligus pemilik Blue Bar. Untuk mengurus Bar nya, dia selalu dibantu oleh Muffy. Meskipun Muffy bukan keluarganya, dia selalu menganggapnya sebagai adiknya sendiri.

Hadiah kesukaan: Ikan, Masakan ikan, Telur, Telur emas, Bunga Mist Moon, Bunga Trick blue, Shasimi, Bean Bowl, Koin

Tidak suka: Keju, Susu, Mentega, Curry, Hot Curry, Susu, Keju

Gustafa

Dia adalah seorang musisi yang pandai memainkan alat musik terutama Gitar dan seruling. Dia tinggal disebuah pondok di dekat pantai. Ketika berteman dengannya, kamu agar diberi Strange Sickle dan Gendang olehnya.

Hadiah kesukaan: Bunga, Susu, Patung, Koin, Curry, Kristal
Tidak suka: Ikan

H

Hardy

Dia adalah Dokter yang datang jauh dari Kota hanya untuk memeriksa kesehatan Romanna dan beberapa orang di Forget-Me-Not-Valley. Dia sangat profesional dan sangat teliti dalam menjalakan pekerjaannya.

Saat Chapter 1, dia akan tidak menetap di desa, akan tetapi di Chapter 2, dia pindah dan tinggal di rumah depan Blue Bar. Tepatnya dirumah yang dulunya di tempati Galen dan Nina. Dia akan memberimu Weird Sickle jika berteman baik dengannya.

Hadiah kesukaan: Bunga, Ikan, Tulang
Tidak suka: Mentega, Curry, Masakan gagal

Harvest Sprites (Nak, Nic, dan Flak)

Mereka adalah para kurcaci yang tinggal di dalam pohon besar di hutan. Nic kurcaci warna biru, Nak warna merah, dan Flak warna kuning. Jika kamu ingin masuk ke rumah mereka, kamu harus memakan Jamur merah yang tumbuh di depan rumah mereka terlebih dahulu.

Hugh

Dia adalah anak dari Wally dan Chris. Dia selalu bersemangat seperti ayahnya. Akan tetapi saat dia masih kecil, kamu juga akan sering melihatnya menangis.

Hadiah kesukaan: Susu, Telur, Koin
Tidak suka: Gulma, Bunga, Masakan gagal

K

Kassey

Dia adalah saudara kembar Kassey. Seorang yang pandai dalam membuat kembang api. Dia dan saudaranya tinggal disebuah rumah berbentuk Tower air yang terletak didekat rumah Cody.

Jika kamu berkunjung kerumahnya, kamu bisa bermain mini games dengannya atau dengan saudaranya. Jika kamu mengalahkan mereka 10 kali dalam mini games tersebut, mereka akan memberimu sebuah "64 Memories Record" (HM AWL SE).

Hadiah kesukaan: Kristal, Bunga, Masakan, Salad, Koin
Tidak suka: Gulma, Masakan gagal, Pickled Turnip

Kate

Dia adalah anak perempuan dari Grant dan Samantha yang juga datang saat Chapter 2. Jika kamu berteman dengannya, dia akan memberimu "Winter HM Record" (Hanya di HM AWL SE).

Hadiah Kesukaan: Bunga, Curry, Moon Ore, Ikan, Koin
Tidak suka: Wortel, Kue, Telur

M

Mark (Kamu)

Mark adalah karakter utama yang kamu mainkan. Setelah ayahnya meninggal, Mark datang ke Forget-Me-Not-Valley bersama Takakura untuk memulai hidup baru dan meneruskan mimpi ayahnya.

Marlin

Dia adalah adik laki-laki Vesta. Saat awal bertemu denganmu, dia tidak begitu suka denganmu. Apalagi ketika kamu mendekati Celia. Hal ini dikarenakan dia mempunyai perasaan suka kepadanya.

Hadiah kesukaan: Susu, Telur, Bodygizer, Bodyhyper, Turbojolt, Masakan, Minuman
Tidak suka: Bunga, Patung

Mukumuku

Dia adalah hewan berwarna putih yang hanya muncul di hutan (dekat rumah kurcaci) saat musim Winter. Pemain Harvest Moon luar negeri biasa memanggilnya Yeti karena mempunyai kesamaan.

Sedangkan para kurcaci menyebutnya penjaga hutan (Guardian of the forest). Jika kamu berteman baik dengannya, dia akan memberimu "Joy Fall Record" (Hanya di HM AWL SE).

Hadiah kesukaan: Ikan, Bunga, Telur, Pakan ternak
Tidak suka: -

Murrey

Dia adalah gelandangan yang tidak mempunyai tempat tinggal. Sebenarnya dia bukanlah penduduk lokal, hanya saja karena tersesat dia sampai ke Forget-Me-Not-Valley dan tidak punya uang untuk kembali pulang.

Ada sebuah rumor mengatakan bahwa jika kamu memberinya uang sampai jumlah tertentu dia akan meninggalkan Forget-Me-Not-Valley untuk kembali ke kampung halamannya. Tapi sekali lagi, ini hanya sebuah rumor yang belum terbukti kebenarannya.

Jika tidak hati-hati, Murrey bisa saja mencuri makanan mu dirumah! Tapi jika kamu berteman baik dengannya, dia akan berhenti melakukannya. Sebagai alternatif, kamu bisa mencegahnya jika anjingmu sudah mempunyai pertemanan yang tinggi terhadapmu.

Hadiah kesukaan: Koin, Semua makanan (kecuali ikan, Uang, Tulang, Pakan ternak, Wool
Tidak suka: Ikan, Masakan ikan, Masakan gagal, Bunga

N

Nina

Dia adalah istri dari Galen. Dia juga orang tua yang ramah dan sangat mudah diajak berteman. Tapi, berteman dengannya tidak akan memberi pemain apa-apa. Saat Chapter 2, dia meninggal dan dimakamkan di depan rumah baru Galen yang terletak di depan pertanian Vesta.

Hadiah kesukaan: Bunga, Susu, Telur
Tidak suka: Masakan gagal, Gulma

P

Patrick

Dia adalah saudara kembar dari Kassey. Dia juga bekerja sebagai pembuat kembang api sama seperti Kassey. Akan tetapi, dia sering berkata bahwa Kassey lebih baik darinya. Untuk membedakan Kassey dan Patrik cukup mudah, Kassey memakai baju biru sedangkan Patrick memakai baju hijau.

Hadiah kesukaan: Keju, Susu, Telur, Sup kentang manis, Koin silver, Bunga
Tidak suka: Gulma, Semangka, Masakan gagal

R

Rock

Dia adalah anak laki-laki dari Tim dan Ruby. Kamarnya terletak di lantai 2 (kamar sebelah kanan) penginapan. Kamu akan sering melihatnya berjalan-jalan disekitar rumah tetangganya atau di Villa.

Hadiah Kesukaan: Bunga Mist Moon, Bunga Toy, Human shape artifacts, Jerami, Koin
Tidak suka: Selain bunga diatas

Romanna

Dia adalah nenek dari Lummina yang juga tinggal di Villa. Meskipun sudah tua, dia memiliki umur yang panjang dibanding dengan karakter lain di HM AWL. Jika kamu berteman dengannya, dia akan memberimu seekor Kucing dan Weird Watering Can.

Hadiah kesukaan: Susu, Telur, Koin, Bunga, Artifak, Jeruk, Kristal, Kaset
Tidak suka: Masakan gagal, Keju, Ikan, Gulma

Ruby

Dia adalah istri dari Tim dan ibu dari Rock. Dia sangat pandai memasak dan banyak menghabiskan waktu di dapur penginapan. Jika kamu berteman baik dengannya, dia akan memberimu "Ruby's Spice". Sebuah bahan yang digunakan untuk membuat Hot Curry, atau Mushroom Curry.

Hadiah Kesukaan: Bunga, Ikan, Masakan rumah, Curry, Kristal, Hasil panen
Tidak suka: Anjing, Gulma, Masakan gagal
S

Samantha

Dia adalah istri dari Grant dan Ibu dari Kate. Mereka sama-sama pindah ke Forget-Me-Not-Valley pada Chapter 2. Samantha tidak akan memberimu apa-apa meskipun kamu berteman dengannya.

Hadiah kesukaan: Bunga, Susu, Sashimi
Tidak suka: Gulma, Masakan gagal

Sebastian

Dia adalah pelayan setia Romanna dan Lumina. Dia juga merupakan orang tua yang baik hati pada siapa saja. Jika kamu berteman dengannya, dia akan memberimu 'Town Spirit Record" di HM AWL SE.

Hadiah kesukaan: Mentega, Susu, Telur, Keju, Ikan
Tidak suka: Masakan gagal, Gulma

T

Takakura

Takakura adalah sahabat ayahnya Mark. Dia juga karakter yang akan selalu membantumu untuk menjual dan membeli sesuatu di kota. Takakura adalah orang yang bekerja keras, kamu mungkin akan sulit menemuinya karena dia selalu bekerja.

Bertemanlah baik dengannya, suatu saat dia akan memberimu Kuda dan memperkenalkan tanaman yang bisa berbicara bernama Tartan yang tinggal dirumahnya.

Hadiah kesukaan: Masakan, Hasil panen kualitas tinggi, susu
Tidak suka: Bunga, Gulma

Tartan

Dia adalah tanaman yang dapat berbicara yang dipelihara oleh Takakura. Jika kamu berteman baik dengan Takakura, dia akan mengenalkanmu padanya. Kamu bisa menghibrid tanaman jika sudah berteman baik dengan Tartan.

Untuk penjelasan lebih jelasnya silahkan klik kata Tartan yang berwarna hijau diatas.

Hadiah kesukaan: Semua tanaman, kecuali Wortel (hanya untuk dihibrid)
Tidak suka: Wortel (dalam bentuk Sayuran )

Tim

Dia adalah suami dari Ruby dan ayah dari Rock. Dia juga merupakan pemilik dari Penginapan yang ada di Forget-Me-Not-Valley. Jika kamu berteman dengannya, dia akan memberimu sebuah cangkul (Strange Hoe).

Hadiah kesukaan: Susu, Keju, Mentega, Artifak, Bunga, Jus buah, Telur, Shasimi
Tidak suka: Gulma, Masakan gagal, Curry

V

Van

Dia adalah seorang pedagang yang datang dari kota. Dia hanya datang ke Forget-Me-Not-Valley saat tanggal 3 dan 8 setiap musim. Jadi, manfaatkan tanggal tersebut untuk menjual dan membeli barang-barang unik miliknya.

Jika kamu berteman baik dengannya, kamu bisa menjual barang dengan harga yang lebih mahal. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan diskon jika membeli barang di tokonya.

Hadiah kesukaan: Koin, Fosil, Patung, Telur, Curry, Tulang
Tidak suka: Mentega, Masakan gagal

Vesta

Dia adalah petani lokal yang sukses sekaligus pemilik pertanian diseberang sungai. Bersama dengan Marlin dan Celia, mereka menjual bibit dan pupuk untuk kebutuhan bertanimu.

Selain menyayangi adiknya, dia juga menyayangi Celia. Sampai-sampai Celia memanggilnya Bibi meskipun keduanya tidak ada hubungan darah.

Hadiah kesukaan: Bunga, Hasil panen kualitas tinggi, Curry, Sup, Susu, Keju
Tidak suka: Gulma, Masakan gagal

W

Wally

Dia adalah suami dari Chris dan ayah dari Hug. Dia sangat senang berolahraga. Saat pagi hari, mungkin kamu Akan melihatnya sedang lari di sekitar rumahnya. Berteman lah dengannya, dia akan memberimu "Wool Clippers" yang digunakan untuk mencukur bulu Domba.

Hadiah kesukaan: Susu, Keju, Telur, Shasimi, Koin
Tidak suka: Gulma, Masakan gagal

Anak

Kamu bisa memiliki anak di Chapter 2: Give Birth/Happy Birthday (SE), anak dari setiap gadis yang kamu nikahi memiliki kepribadian dan ketertarikan yang berbeda. Tapi kamu bisa mengarahkannya dengan cara mengenalkannya sesuatu, berteman dengan penduduk tertentu, atau mengajaknya berkeliling desa.

Baca selengkapnya: Panduan Lengkap Tentang Anak HM AWL

Pekerjaan Paruh Waktu

Ada beberapa pekerjaan sampingan untuk mendapatkan uang dan menghabiskan waktu luang. Klik link dibawah ini untuk ulasan lebih lengkapnya.

Hewan Peliharaan

Berikut adalah hewan yang bisa dipelihara dalam Harvest Moon: A Wonderful Life

  • Anjing (Didapatkan saat awal permainan dimana kamu bisa memilih satu diantara 2 jenis anjing berbeda)
  • Ayam (Beli seharga 900 G atau dari menetaskan telur)
  • Bebek (Didapatkan saat Chapter 2, jika saat Chapter 1 kamu sudah membuat kolam)
  • Domba (Beli seharga 1500 G)
  • Kambing (Beli di Van seharga 4500 G saat Chapter 2/3)
  • Kucing (Didapatkan dari Romanna saat Chapter 2)
  • Kuda (Didapatkan dari Takakura, dia akan memberimu kuda saat musim Summer)
  • Sapi (Didapatkan saat awal permainan, juga bisa dibeli dengan harga dan jenis yang berbeda-beda)

Panduan lengkap mengenai Hewan peliharaan, akan saya jelaskan pada postingan yang berbeda.

Peralatan

Berikut adalah alat-alat yang bisa didapatkan dan digunakan untuk membantu kegiatan berkebun dan beternak:

1. Brush

Beli di Van seharga 500 G. Digunakan untuk menyikat Kuda, Sapi, Domba, dan Kambing.

2. Cow Milker

Didapatkan saat awal permainan. Digunakan untuk memeras susu sapi.

3. Electronic Clippers

Beli di Van seharga 1300 G. Digunakan untuk mencukur bulu Domba satu musim sekali.

4. Wool Clippers

Diberi oleh Wally jika kamu berteman dengannya. Digunakan untuk mencukur bulu Domba satu musim sekali.

5. Shears

Pesan di Takakura seharga 400 G. Digunakan untuk mencukur bulu Domba satu musim sekali.

6. Fishing Road

Beli di Van seharga 500 G. Digunakan untuk memancing ikan.

7. Good Fishing Road

Diberi oleh Galen jika kamu berteman dengannya. Digunakan untuk memancing ikan dengan hasil yang lebih baik dari pancingan biasa.

8. Goat Milker

Digunakan untuk memeras susu kambing.

9. Heavy Hoe

Didapatkan saat awal permainan. Digunakan untuk mencangkul tanah saat hendak menanam tanaman. (Pergerakannya lambat)

10. Hoe

Pesan di Takakura seharga 800 G. Digunakan untuk mencangkul tanah saat hendak menanam tanaman. (Pergerakannya lebih cepat)

11. Light Hoe

Pesan di Takakura seharga 1000 G. Digunakan untuk mencangkul tanah saat hendak menanam tanaman. (Pergerakannya cepat)

12. Strange Hoe

Diberi oleh Tim jika kamu berteman dengannya. Digunakan untuk mencangkul tanah saat hendak menanam tanaman. (Lambat)

13. Weird Hoe

Diberi oleh Vesta jika kamu berteman dengannya. Digunakan untuk mencangkul tanah saat hendak menanam tanaman. (Lambat)

14. Small Watering Can

Didapatkan dari awal permainan. Digunakan untuk menyiram tanaman.

15. Medium Watering Can

Pesan di Takakura seharga 600 G. Digunakan untuk menyiram tanaman.

16. Heavy Watering Can

Pesan di Takakura seharga 750 G. Digunakan untuk menyiram tanaman.

17. Weird Watering Can

Diberi oleh Romanna jika kamu berteman dengannya. Digunakan untuk menyiram tanaman.

18. Heavy Sickle

Didapatkan dari awal permainan. Digunakan untuk memotong rumput untuk membuat Jerami.

19. Sickle

Pesan di Takakura seharga 600 G. Digunakan untuk memotong rumput untuk membuat Jerami.

20. Light Sickle

Pesan di Takakura seharga 750 G. Digunakan untuk memotong rumput untuk membuat Jerami.

21. Strange Sickle

Diberi oleh Gustafa jika kamu berteman dengannya. Digunakan untuk memotong rumput untuk membuat Jerami.

22. Weird Sickle

Diberi oleh Dr. Hardy jika kamu berteman dengannya. Digunakan untuk memotong rumput untuk membuat Jerami.

Masalah yang Sering Dialami Pemain

Tips Bermain HM AWL

Berikut adalah tips-tips bermain HM AWL yang sudah kita tulis sebelumnya:

Itulah Panduan Lengkap Harvest Moon: A Wonderful Life. Terima kasih sudah menyempatkan membaca artikel ini, semoga bermanfaat...

Catatan penulis:

  • Beberapa website yang membantu saya melengkapi artikel ini adalah IGN, Harvest Moon Wikia, HMotaku, Neoseeker, GameFAQS, Ramblingfoxreviews.
  • Panduan yang belum saya jelaskan di artikel ini akan saya bahas di postingan yang berbeda.
  • Artikel ini akan diupdate jika penulis ingin menambahkan atau memperbarui informasi yang sekiranya salah.

Baca juga: Panduan Harvest Moon: Hero of Leaf Valley Terlengkap

Anda mungkin menyukai postingan ini

22 komentar

  1. Randi Prawira
    Beberapa info ada yang di ambil dari HM AWL SE , saya sebagai penulis merasa di abaikan
    • Muafiach
      Maaf ya mas, saya tidak merasa mengambil informasi apapun dari tulisan sampean,sudah saya jelaskan juga saya mengambil referensi di website yang sudah saya sebutkan di artikel ini. Klo sampean bilang ambil tulisan dari grup HM AWL SE, itu kayaknya nggak mungkin deh, saya saja baru bergabung dengan grup tersebut kemarin. Jadi sebelum menuduh orang, lebih baik sampean tanya baik baik dulu.
  2. Unknown
    Min yang strange sickle dapetnya di cody bukan di gustafa
    • Muafiach
      Klo HM AWL SE memang dari Cody tapi klo HM AWL GC itu dari gustafa. Btw makasih udah mengingatkan kita :)
  3. Unknown
    Gan,apa sih perbedaan kedua anjing yg takakura nyuruh kita buat pilih?
    • Muafiach
      Sama aja, cuman beda penampilan.
  4. Unknown
    jd inget kenangan indah masa kecil :) gimana bahagianya maen game ini
  5. Anonim
    Kk saya ingin menanam pohon di HM AWL SE itu kalau saya tanam di samping rumah kan Very Poor, dan saya check bibitnya ada tulisan Summer, apakah bibit itu harus ditanam waktu musim Summer
    • Muafiach
      Nanam pohon di situ kasih jarak 1 atau 2 kotak antara pohon satu dengan pohon lainnya sob. Kalau pengen aman kasih pupuk. Kalau pohon bisa ditanam kapan saja, tapi hanya berbuah saat musimnya. Dalam kasus kamu ini, pohon itu akan berbuah musim summer jika udah besar, bukan harus ditanam musim summer.
  6. Nanda_1208
    Kalo saya pake dolphin terus aja pas instalnya gak berhasil "apl tidak terinstal" apa solusinya gan mohon di balas?
    • Muafiach
      Ada beberapa kemungkinan, HP-nya nggak support atau Memorinya nggak cukup.

      Kalau HP-nya nggak support saya juga kurang tau solusinya. Kalau memori kurang, ya hapus beberapa data/aplikasi yg tidak terpakai.

      Bisa juga kamu instal dolphin v5.0 apk. Padahal itu belum ada versi androidnya. Versi asli Android masih 0.1 3 sekian.

      Googling aja sob klo pengen solusi, kita sendiri masih nggak bisa main hm awl di Android karena Spek hp kurang memadai.
  7. Unknown
    Naisu desu^^ada beberapa yg mo ane tambahin min,tulisin jg cara dpt'in kadal,burung hantu min biar mreka bisa(napa ane ga tulis disini,soalnya kan ini website ente,biar tambah lengkap^^)trus tips mancing biar dpt ikan yamame(di batu" dkt air terjun),cara hybrid seed jg dah gtu aja๐Ÿ˜‚cara dpt in record(+)๐Ÿ˜€
  8. Unknown
    Ane mo nambahin boleh kga yak?๐Ÿ˜‚
    (Khusus yg SE)Ksih jg dung min cra dpt in kadal ama burung hantunya biar mreka tau(napa ane ga tulis soalnya kan yg punya web ente,jdi gasopan dung klo ane tulis caranya disini)trus tips dpt in ikan yamame,golden egg,S milk.itu aja sik

    Arigato desu^^
    • Hanz
      Silahkan kalau kasih tips gan, kita nggak membatasi siapapun yang mau berbagi informasi.

      Emang HM AWL bisa dapet itu hewan selain yang disebutkan di artikel? Satau saya beberapa hewan aneh-aneh hanya bisa didapatkan di HM Another Wonderful Life.
  9. Ganiya Mustafa
    Min di emulator play bisa main hm awl ya??, tp ane coba ko layarnya item semua, ada solusi kaga min?
    • Muafiach
      Bisa tapi Emulator itu belum stabil seperti yg sudah saya sindir di atas. Jadi percuma dipake sekarang, ya itu efeknya ngeblank aja.
  10. Unknown
    itu yg link "Tidak bisa menetaskan telur" malah ke blogger link nya om
    • Muafiach
      Oh ya wkwkwk. Makasih infonya.
  11. muzayinmusri
    Coba di harvestmoon awl ini bisa punya istri lebih dri 1 yak wkwk
  12. Unknown
    Gan, kalo penduduk udah menolehkan kepala itu apa tandanya udah berteman?
    Kalo iya, jadi kita udah tidak perlu kasih hadiah lagi? Karena udah berteman?
    • Muafiach
      Iya betul sob, saranku sih mending kasih aja, tapi tidak perlu setiap hari, ya seenggaknya nyapa aja sih setiap hari.
  13. Agam wiguna
    Bang, kalo mau pasang savean yg udh tahunnke 6 bisa gak bang, minta sarana nya!
Komentar telah ditutup dan disembunyikan karena masalah web vitals. Bila kamu punya pertanyaan, silakan kirim pesan melalui email atau halaman kontak.